IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORINGDENGAN BANTUAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAM PITA SISWA KELAS XII DI SMK N 1 SEWON

Irna Widyastuti, , Indonesia
Enny Zuhni Khayati, M.Kes, , Indonesia

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  Implementasi  metode  pembelajaran peer
tutoring dengan  bantuan jobsheet. 2)  Peningkatan  hasil  belajar  sulam  pita  dengan  implementasi
metode  pembelajaran peer  tutoringdengan  bantuan jobsheet. Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian
Tindakan  Kelas  model  Kemmis  &  Mc  Taggart.  Metode  pengumpulan  data  menggunakan: tes,
observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan judgement expert
dan  dinyatakan valid. Reliabilitas  instrumen  menggunakan  kesepakatan  antar  rater  dengan  hasil
instrumen  dinyatakan  reliabel.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  deskriptif  dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi metode pembelajaran peer tutoring
dengan  bantuan jobsheet dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dengan  tiga  tahapan  pembelajaran  yaitu
pembukaan,  kegiatan  inti  dan  penutup.  2)  Peningkatan  hasil  belajar  sulam  pita  pada  pra  siklus 18
siswa (64%) yang mencapai KKM dengan mean 77,5 dan meningkat pada siklus pertama 20 siswa
(72%)  yang  mencapai KKM  dengan  mean  82,4  dan  pada  siklus  kedua  28  siswa  (100%)  mencapai
KKM  dengan  mean  86,9.  Hal  ini  membuktikan  bahwa  metode  pembelajaran peer  tutoringdengan
bantuan jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sulam pita.
Kata kunci: Metode Peer Tutoring, Jobsheet,Hasil Belajar Sulam Pita

 

This research aims to find out: 1) implementation ofpeer tutoringlearning methods with the
help ofjobsheet,2) Improved learning results for embroidery ribbons with the implementation of peer
tutoring learning  methods  with  the  help  of jobsheet. This  type  of  research  this  is  a  class  action
Research  model  Kemmis  &  Mc  Taggart.  Method  of  data  collection:  using  tests,  observation  and
documentation. The  validity  of  the  instrument  using  the  validity  of  the  content  by  the expert
judgement and declared valid. Reliability of the instrument use agreement between instruments with
results  declared  rater  reliability.  Analytical  techniques  descriptive  analyses  with  data  using  a
percentage. The results showed that: 1) implementation  of peer tutoringlearning  methods with the
help of jobsheet is implemented in two cycles, with three stages of learning i.e. the opening, closing
and  core  activities.  2)  Improved  learning  results  for  embroidery  Ribbon  on  pre  cycle  18  students
(64%) to reach the KKM with mean 77.5 and improved on the  first  cycle of 20 students (72%) to
reach the KKM with mean 82.4 and on the second cycle of 28 pupils (100%) reach the KKM with
mean 86.9. This proves that learning peer tutoringmethods with the help ofjobsheet can improve
student learning outcomes on the material for embroidery Ribbon.
Key words: method  of Peer  Tutoring,  Jobsheet, Study  Results  for  Embroidery  Ribbon


Full Text:

PDF

References


Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset

Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.

Yogyakarta: UNY Press.

Miftahul Huda. (2012). Cooperative

Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sukamto. (1988). Perencanaan dan

Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Teknologi kejuruan.Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Widjiningsih. (1982). Disain Hiasan

Busana dan Lenan Rumah Tangga.

Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Djoko Santoso dan Sri Waluyanti. (2015).

Peningkatan Kesiapan Mahasiswa Dalam

Menempuh Praktek Lapangan Melalui

Peer Teaching Dengan Pendekatan

Kooperatif Jigsaw. Jurnal Pendidikan

Teknologi Dan Kejuruan. 22 (III). Hlm.

- 371.

Amat Jaedun. (2009). Penerapan Model

Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet

Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar

Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Fisika.

Jurnal Pendidikan Teknologi Dan

Kejuruan( Nomor 1 Vol 18). Hlm. 40 -60.

Sri Waluyati.(2010). Meningkatkan

Kompetensi Pedagogi Dan Vokasional

Melalui Metode Peer Teaching Dan

Implementasi Metode Pembelajaran...(Irna Widyastuti) 15

Kooperatif Jigsaw Pada Mata Kuliah

Sistem Video. Jurnal Pendidikan

Teknologi Dan Kejuruan. Vol.19, No. 1.

Hlm. 124 - 134.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1