MOTIVASI PESERTA DALAM MENGIKUTI PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT BUSANA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS LOKA LATIHAN KERJA KABUPATEN PURWOREJO

Dyah Qonita Prabhandhari Puspitadewi, , Indonesia
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui:  1)  motivasi  peserta  dalam  mengikuti  program  pelatihan  menjahit  di
UPT  LLK  Purworejo  dilihat  dari  motivasi  intrinsik,  2)  motivasi  peserta  dalam  mengikuti  program  pelatihan
menjahit  dilihat  dari  motivasi  ekstrinsik.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif.  Populasi  penelitian  ini
yakni  peserta  program  pelatihan  menjahit  di  UPT  LLK  Purworejo  sebanyak  16  peserta  dan  diambil  seluruhnya
sebagai  sampel.  Validitas  instrumen  penelitian  menggunakan  validitas  isi  dan  validitas  konstruk.  Reliabilitas
instrumen penelitian menggunakan  rumus koefisien  Alpha  Cronbach.  Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian: 1) Motivasi intrinsik peserta  pelatihan menjahit termasuk kategori
tinggi  (62,5%)  mean  66,06.  Dilihat  dari  indikator  intrinsik:  a)adanya  hasrat  dan  keinginan  dalam  belajar,
b)kebutuhan  dan  dorongan  dalam  belajar,  c)harapan dan  cita-cita  masa  depan,  indikator  dominan adalah  adanya
kebutuhan  dan  dorongan  dalam  belajar  kategori  sangat  tinggi  (75%)  mean  20,88.  2)  Motivasi  ekstrinsik  peserta
pelatihan  menjahit  termasuk tinggi (68,75%)  mean 69,25.  Dilihat dari indikator ekstrinsik: a)adanya penghargaan
dalam  belajar,  b)  adanya  kegiatan  menarik  dalam  belajar,  c)lingkungan  belajar  kondusif  yang  memungkinkan
peserta  didik  dapat  belajar,  indikator  dominan  adalah  adanya  penghargaan  dalam  belajar  tinggi  (68,75%)  mean
28,56.
Kata Kunci: motivasi, pelatihan, menjahit busana

 

ABSTRACT
This  study  aims  to  investigate:  1)  participants’  motivation  to  join  the  sewing  training  program  at  the
Technical  Implementation  Unit  of  Loka  Latihan  Kerja  (LLK)  Purworejo  Regency  in  terms  of  the  intrinsic
motivation, 2) participants’ motivation to join the sewing training program in terms of the extrinsic motivation.
This was descriptive study. The research  population comprised 16 participants of the sewing training program at
LLK Purworejo and all of them were selected as the sample. The data were collected by a questionnaire of measure
the motivating consisting of the two aspects, namely the intrinsic and  extrinsic motivation. The research instrument
validity  was  assessed  in  terms  of  the  content  and  construct  validity.  The  research  instrument  reliability  was
assessed  by  the  formula  for  Cronbach’s  alpha  coefficient.  The  data  analysis  technique  was  the  descriptive
statistical test using percentages.  The result of the study are as follows: 1) the participants’ intrinsic motivation to
join the sewing training is high (62.5%)  mean 66,06. Based from intrinsic indicators: a)learning propensity and
desire,  b)learning  needs  and  drive,  c)along  with  hopes  and  ideals  of  the  future,  the  dominant  indicator  is  the
learning needs and drive is very high (75%) mean 20,88. 2) the participants’ extrinsic motivation to join the sewing
training  is  high  (68,75%)  mean  69,25.  Based  from  extrinsic  indicators:  a)the  learning  appreciation,  learning
attractive, and c)condusive learning environment that allows well study, the dominant indicator is learning reward
is high (68,75%) mean 28,56.
Keywords: motivation, training, clothes sewing


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2015). Agustus 2015:

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

Sebesar 6,18 Persen. Diakses dari

https://www.bps.go.id/Brs/view/id/1196 pada

tanggal 20 Maret 2016, jam 19.45 WIB.

Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi Program

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran

Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran.

Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Purwa Atmaja Prawira. (2013). Psikologi

Pendidikan dalam Perspektif Baru.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang

mempengaruhi. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi

Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1