MOTIVASI PESERTA DALAM MENGIKUTI PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT BUSANA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS LOKA LATIHAN KERJA KABUPATEN PURWOREJO
Widyabakti Sabatari, M.Sn, , Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) motivasi peserta dalam mengikuti program pelatihan menjahit di
UPT LLK Purworejo dilihat dari motivasi intrinsik, 2) motivasi peserta dalam mengikuti program pelatihan
menjahit dilihat dari motivasi ekstrinsik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini
yakni peserta program pelatihan menjahit di UPT LLK Purworejo sebanyak 16 peserta dan diambil seluruhnya
sebagai sampel. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas
instrumen penelitian menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian: 1) Motivasi intrinsik peserta pelatihan menjahit termasuk kategori
tinggi (62,5%) mean 66,06. Dilihat dari indikator intrinsik: a)adanya hasrat dan keinginan dalam belajar,
b)kebutuhan dan dorongan dalam belajar, c)harapan dan cita-cita masa depan, indikator dominan adalah adanya
kebutuhan dan dorongan dalam belajar kategori sangat tinggi (75%) mean 20,88. 2) Motivasi ekstrinsik peserta
pelatihan menjahit termasuk tinggi (68,75%) mean 69,25. Dilihat dari indikator ekstrinsik: a)adanya penghargaan
dalam belajar, b) adanya kegiatan menarik dalam belajar, c)lingkungan belajar kondusif yang memungkinkan
peserta didik dapat belajar, indikator dominan adalah adanya penghargaan dalam belajar tinggi (68,75%) mean
28,56.
Kata Kunci: motivasi, pelatihan, menjahit busana
ABSTRACT
This study aims to investigate: 1) participants’ motivation to join the sewing training program at the
Technical Implementation Unit of Loka Latihan Kerja (LLK) Purworejo Regency in terms of the intrinsic
motivation, 2) participants’ motivation to join the sewing training program in terms of the extrinsic motivation.
This was descriptive study. The research population comprised 16 participants of the sewing training program at
LLK Purworejo and all of them were selected as the sample. The data were collected by a questionnaire of measure
the motivating consisting of the two aspects, namely the intrinsic and extrinsic motivation. The research instrument
validity was assessed in terms of the content and construct validity. The research instrument reliability was
assessed by the formula for Cronbach’s alpha coefficient. The data analysis technique was the descriptive
statistical test using percentages. The result of the study are as follows: 1) the participants’ intrinsic motivation to
join the sewing training is high (62.5%) mean 66,06. Based from intrinsic indicators: a)learning propensity and
desire, b)learning needs and drive, c)along with hopes and ideals of the future, the dominant indicator is the
learning needs and drive is very high (75%) mean 20,88. 2) the participants’ extrinsic motivation to join the sewing
training is high (68,75%) mean 69,25. Based from extrinsic indicators: a)the learning appreciation, learning
attractive, and c)condusive learning environment that allows well study, the dominant indicator is learning reward
is high (68,75%) mean 28,56.
Keywords: motivation, training, clothes sewing
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2015). Agustus 2015:
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)
Sebesar 6,18 Persen. Diakses dari
https://www.bps.go.id/Brs/view/id/1196 pada
tanggal 20 Maret 2016, jam 19.45 WIB.
Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi Program
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran
Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran.
Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Purwa Atmaja Prawira. (2013). Psikologi
Pendidikan dalam Perspektif Baru.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang
mempengaruhi. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi
Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1