PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN BED COVER MELALUI MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI TATA BUSANA DI MAN GODEAN
Dr. Widjiningsih Widjiningsih, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan bed cover melalui
media pembelajaran video, (2) Pendapat peserta didik tentang penggunaan media pembelajaran video pembuatan
bed cover, (3) Peningkatan hasil belajar kompetensi pembuatan bed cover melalui media pembelajaran video.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Kemmis dan Mc Taggart melalui empat langkah
proses dalam setiap siklus. Subjek penelitian kelas XI MAN Godean sejumlah 16 orang. Metode pengumpulan data
menggunakan instrumen penilaian unjuk kerja dan tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menampilkan persentase hasil data. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran pembuatan bed cover terlaksana dengan kategori sangat baik yaitu
85% pada siklus I dan 100% pada siklus II (2) Pendapat peserta didik tentang media pembelajaran video
menunjukkan 100% peserta didik berpendapat pada kategori senang (3) Terdapat peningkatan hasil belajar, yaitu
pada pra siklus 6 orang (37,5%) tuntas, siklus I 14 orang (87,5%) tuntas dengan peningkatan 13%, dan siklus II 16
orang (100%) tuntas dengan peningkatan 14%.
Kata kunci: kompetensi, pembuatan bed cover, video
IMPROVING THE BED COVER MAKING COMPETENCY THROUGH VIDEO MEDIA IN THE
LEARNING OF AUTONOMOUS LIFE SKILLS OF FASHION DESIGN AT MAN GODEAN
Abstract
This study aimed to investigate: (1) the implementation of the learning of bed cover making through video learning
media, (2) students’ opinions of the use of video learning media in bed cover making, and (3) the improvement of
the learning outcomes in the bed cover making competency through video learning media. This was a classroom
action research study using Kemmis and McTaggart’s design consisting of four steps in each cycle. The research
subjects were 16 students of Grade XI of MAN Godean. The data were collected by performance assessment and
tests, observation sheets, and questionnaires. The data were analyzed by the quantitative descriptive technique
using percentages of the results. The results of the study were as follows. (1) The learning of bed cover making was
very well implemented, namely by 85% in Cycle I and by 100% in Cycle II. (2) The students’ opinions of video
learning video showed that 100% of them were happy. (3) There was an improvement in the learning outcomes,
indicated by the facts that in the pre-cycle 6 students (37.5%) attained the mastery, in Cycle I 14 students 87.5%)
attained the mastery with an improvement of 13%, and in Cycle II 16 students (100%) attained the mastery with an
improvement of 14%.
Keywords: competency, bed cover making, video
Full Text:
PDFReferences
Agus, Suprijono. (2009). Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azhar, Arsyad. (2015). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media
Evaline, Siregar & Hartini, Nara. (2011). Teori
Belajar dan Pembelajaran. Bogor:
Penerbit Galia Indonesia
Hujair, AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Ika, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
Permata.
Jamil, Suprihatiningrum. (2013). Startegi
Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Mutaqin, Totok H.T.M., & Haryanto. (2009).
Penerapan Media Interaktif dengan
Pembelajaran Cooperatif Learning pada
Mata Kuliah Instalasi Listrik Penerangan.
Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. 18(II).
Santi Utami. (2015). Peningkatan Hasil Belajar
Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal
Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan. 22(IV).Siti, Nurmina. 1999.
Pembuatan Lenan Rymah Tangga.
Jakarta: PPG Kejuruan
Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta CV
Peningkatan Kompetensi Pembuatan ... (Andini Ifah Khasanati)
Tim FT UNESA. (2001). Membuat Pola Lenan
Rumah Tangga. Jakarta: Departemen
Tim Redaksi Fokusmedia. (2008). Standar
nasional Pendidikan (SNP). Bandug:
Fokusmedia
Wina, Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran:
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Zamtinah dan Hafidz. (2014). Peningkatan Hasil
Belajar Mata Kuliah Instalasi Listrik
Melalui Pendekatan Learning Cycle Five
“E” (Lc 5 E). Jurnal Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. 22(II).
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i5.10287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1