PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Isna Ratnasari, , Indonesia
Enny Zuhni Khayati, M.Kes, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dengan penggunaan media
video pada pelajaran membuat hiasan busana kelas XI. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI
pada pelajaran hiasan busana melalui metode demonstrasi dengan penggunaan media video di SMK Negeri 1
Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis
dan Mc.Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, tes unjuk kerja dan
dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan meminta pendapat para ahli (judgement
expert). Uji reliabilitas menggunakan antar-rater dengan procentage of agreement. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai sintaks metode demonstrasi dalam dua Siklus, dengan tiga tahapan
pembelajaran yaitu pembukaan, kegiatan inti dan penutup. (2) Hasil belajar membuat sulam pita Pra Siklus 16
siswa (50%) dan pada Siklus I meningkat menjadi 31 siswa (96,87%). Pada Siklus II 32 siswa (100%) mencapai
KKM 75. Hal ini membuktikan bahwa metode demonstrasi dengan penggunaan media video dapat meningkatkan
hasil belajar sulam pita.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Media Video, Hasil Belajar
Abstract
This study to investigate: (1) the application of the demonstration method using video media in the
subject of clothing decoration making in Grade XI, and (2) the improvement of Grade XI students’
learning outcomes of the subject of clothing decoration making through the demonstration method using
video media at SMK Negeri 1 Pandak. This was a classroom action research(CAR) study using Kemmis
and Mc Taggart’s spiral model. The data were collected by observation sheets, field notes, performance
tests, and documentation. The instrument validity was assessed in terms of the content validity through
expert judgment. The reliability was assessed by the inter-rater technique using percentage of
agreement. The data were analyzed by the quantitative descriptive statistical technique using
percentages. The results of the study were as follows. (1) The learning was implemented in accordance
with the demonstration method syntax in two cycles with three learning stages, namely opening, main
activities, and closing. (2) The learning outcomes of ribbon embroidery making in the precycle showed
that 16 students (50%) attained the minimum mastery criterion (MMC), namely 75, and in cycle I 31
students (96,87%) attained it. In Cycle II 32 student (100%) (attained it). These showed that the
demonstration method using video media was capable of improving the learning outcomes of ribbon
embroidery.
Keywords: Demonstration method, video media, study outcomes

Full Text:

PDF

References


Abdul Haris & Asep Jihad. (2014). Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Pressindo.

Basyiruddin Usman. (2002). Media

Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Heinich. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta:

PT Raja Grafindo.

Nasrun Harahap. (1994). Penilaian Hasil

Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sukiman, (2012). Pengembangan Media

Pembelajara. Yogyakarta: Pedagogia.

Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat

Wenny Kristiani. (2012). Video Pengembangan

Sulaman Bebas di SMP N 4 Yogyakarta.

JPTK. Yogyakarta: FT UNY.

Widjiningsih. (1982). Desain Hiasan dan Lenan

Rumah Tangga. Yogyakarta : FPTK IKIP

Yogyakarta.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pemebelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta : Bumi Aksara.

Zaamroni Suharto. (2015). Peningkatan Hasil

IPS model Problem-Based Learning

berbantuan Job sheet di SMP N 2

Kawungatun. JPTK. Yogyakarta: FIP

UNY.

Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1