PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN KINERJA MEMBATIK TULIS PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Anita Widya Saputri, , Indonesia
Dr. Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. (2) mengetahui kelayakan perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. (3) mengetahui efektivitas implementasi perangkat penilaian kinerja membatik tulis pada program keahlian Tata Busana di SMK Ma’arif 2 Sleman. Metode Penelitian ini adalah Research and Development menganut model pengembangan Borg dan Gall yang dikutip oleh Anik Ghufron,dkk. Sumber data penelitian ini adalah guru membatik tulis dan siswa kelas XI Tata Busana SMK Ma’arif 2 Sleman. Objek penelitian ini berupa perangkat penilaian kinerja membatik tulis. Metode pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja,angket, dan wawancara. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh tiga orang ahli (expert judgement)). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) dikembangkannya perangkat penilaian kinerja membatik tulis berupa lembar soal, pedoman penilaian kinerja dan rubrik penilaian kinerja membatik tulis (2) perangkat penilaian kinerja membatik tulis yang divalidasi oleh ahli materi membatik tulis, ahli pengukuran penilaian , dan guru mata pelajaran membatik tulis yang menyatakan perangkat penilaian kinerja “layak” digunakan dalam pembelajaran praktik membatik tulis. (3) hasil efektivitas implementasi perangkat penilaian yang telah dikembangkan diperoleh 87% siswa telah kompeten dalam membatik tulis dan 13% siswa belum kompeten dalam membatik tulis. Berdasarkan kriteria efektivitas pembelajaran oleh Djemari Mardapi, suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila lebih dari 80% siswa telah dinyatakan kompeten dalam pembelajaran tersebut. Oleh karena itu perangkat penilaian kinerja membatik tulis dinyatakan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran praktik membatik tulis
Kata Kunci: perangkat penilaian, kinerja, batik tulis
Abstract
This study aimed to : 1) develop an assessment kit for the hand-made batik performance in the Fashion Design Expertise Program at SMK Ma’arif 2 Sleman. 2) investigate the appropriateness of the developed assessment kit. 3) investigate the effectiveness of the implementation of the developed assessment kit. This was a research and development study using Borg and Gall’s development model quoted by Anik Gufron, et al. The data source were the hand-made batik teacher and Grade XI student of Fashion Design of SMK Ma’arif 2 Sleman. The data by collected by hade-made batik performance tests, questionnaires, and interviews. The appropriateness of the assessment kit was obtained from the result of the content validity by three experts (through expert judgement) and the calculation of reliability (Kappa). The data analysis technique was the qualitative descriptive technique. The result of the study were as follows: 1) an assessment kit for the hand-made batik was developed, consisting of the test paper, a performance assessment guideline, and an assessment rubric for the hand-made batik erformance. 2) in terms of appropriateness, the assessment kit for the hand-made batik performance was validated by a hand-made batik materials expert, a measurement and assessment expert, and a hand-made batik subject teacher who state that the performance assessment kit was appropriate to be used in the learning of hand-made batik practice. 3) in relation to the effectiveness of the developed assessment kit, 87% of the student were competent and 13% were not competent yet in hand-made batik. Regarding the learning effectiveness criterion by Djemari Mardapi, learning is considered effective when more than 80% of the students are competentin learning. Therefore, the assessment kit for the hand-made batik performance is effective to be applied in the learning of hand-made batik practice.
Keyword: Assessment kit, Performance, Hand-made Batik

Full Text:

PDF

References


Ani Wulandari. (2011). Batik Nusantara. Yogyakarta: CV Andi Offset

Anik Ghufron, dkk. (2007). Panduan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran. Lembaga Penelitian UNY

A. Manap. (2009). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada SMK Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta : FT UNY

Djemari Mardapi. (2005). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. PPs – UNY. Yogyakarta

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta :

Eko Putro Widoyoko. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emy Budiastuti, dkk. (2014). Pengembangan Instrumen Self Assesment Pada Praktik Menjahit Rok Berfuring. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta : FT UNY

Herman Yosep Sunu Endrayanto & Yustiana Wahyu Harumurti. (2014). Aplikasi Rubrik untuk Penilaian Belajar Siswa. Yogyakarta: PT Kanisius

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penialaian Hasil belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mansyur, dkk. (2015). Asesmen Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sri Widarwati, dkk. (2014). Implementasi Alat Evaluasi Menggambar Busana Di SMK Swasta Kelompok Pariwisata Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Yogyakarta : FT UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1