PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBUATAN POLA DASAR BADAN SISTEM SO’EN DAN MEYNEKE MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PENGASIH

Dian Ratna Indahsari, , Indonesia
Sugiyem, M.Pd Sugiyem, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) mengembangkan multimedia tutorial pembuatan pola
dasar badan menggunakan program adobe flash, (2) mengetahui kelayakan multimedia tutorial.
Penelitian pengembangan dilakukan dengan model Borg & Gall dalam tim Puslitjaknov yang terdiri dari
5 tahap yaitu (1) analisa kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi ahli (4) uji kelompok kecil (5)
uji kelompok besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas konstruk dan
pengujian reliabilitas koefisien Alfa Cronbach. Metode pengumpulan data menggunakan angket,
observasi, dokumentasi dan wawancara. Alat pengumpul data menggunakan angket dengan skala
Guttman untuk ahli dan skala Likert untuk siswa, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
adalah (1) tersusunnya multimedia tutorial dengan komposisi multimedia yang terdiri dari halaman
petunjuk, KI KD Indikator, materi, dan profil, kapasitas penyimpanan kurang dari 700 MB dapat
disimpan dalam flashdisk, dapat mudah dioperasikan (2) multimedia tutorial pembuatan pola dasar
badan dinyatakan layak oleh ahli media dan materi. Berdasarkan hasil uji lapangan, dari 26 siswa dilihat
dari aspek desain pembelajaran dikategorikan “sangat layak” dengan skor 3,67 dan dari aspek tampilan
dan pemrograman dikategorikan “sangat layak” dengan skor 3,69 dari skor maksimum 4.
Kata kunci : multimedia adobe flash, pola dasar So’en dan Meyneke
Abstract
This study aimed to : (1) develop tutorial multimedia for the making of basic bodice patterns
using the adobe flash program, and (2) investigate the appropriateness of the tutorial multimedia. This
research and development study was conducted using Borg & Gall’s model in a team of the Center for
Policy and Innovation Studies consisting of 5 stages, i.e.: (1) needs analysis, (2) product development,
(3) expert validation, (4) a small-group tryout, and (5) a large-group tryout and final product. The
research instrument was a questionnaire which was assessed in terms of its construct validity and its
reliability using Cronbach’s Alpha. The data were collected by questionnaires, observations,
documentation, and interviews. The data collecting instruments were questionnaires with the Guttman
scale for experts and the Likert scale for students, observation sheets, and interview sheets. The data
analysis techniques were qualitative and quantitative descriptive techniques. The results of the study
were as follows : (1) tutorial multimedia was developed with a multimedia composition consisting of a
guideline page, indicators for core and basic competencies, materials, and profiles; the storage capacity
is less than 700 MB, it can be stored in a flash disk, and it can be easily operated, (2) the tutorial
multimedia for the making of basic bodice patterns is appropriate according to media and materials
experts. Based on the field testing results, according to 26 students in terms of the learning design
aspect, it is very appropriate with a score of 3.67 and from the display and programming aspects it is
very appropriate with a score of 3.69 from a maximum score of 4.
Keywords : adobe flash multimedia, So’en and Meyneke’s basic patterns.

Full Text:

PDF

References


Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta:

Mitra Cendekia Press

Endang Mulyatiningsih. (2012). Riset Terapan

Bidang Pendidikan dan Teknik.

Yogyakarta: UNY Press

Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Saiffudin Azwar. (2013). Reliabilitas dan

Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Tim Pulsitjanov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian

Kebijakan dan Inovasi Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1