PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CHART PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Faridatul Anisah, , Indonesia
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan saku
passepoille dengan menggunakan media chart (2) peningkatan pencapaian kompetensi pembuatan
saku passepoille dengan menggunakan media chart. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas model Kemmis & Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan: lembar observasi
pelaksanaan pembelajaran dan tes pencapaian kompetensi. Validitas instrument menggunakan
validitas isi dengan judgement expert dan dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan
rumus penghitungan Cronbach Alpha dengan hasil instrument dinyatakan reliabel. Teknik analisis
data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran pembuatan saku passepoille dengan menggunakan
media chart dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga tahapan pembelajaran yaitu pembukaan,
kegiatan inti dan penutup. (2) Peningkatan kompetensi pembuatan saku passepoille pada pra siklus 7
siswa (23,3%) yang mencapai KKM dan meningkat pada siklus pertama 21 siswa (70%) yang
mencapai KKM dan pada siklus kedua 30 siswa (100%) mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa
media chart dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoille.
Kata kunci: Pencapaian Kompetensi, Pembuatan Saku Passepoille,Media Chart
IMPROVING THE ATTAINMENT OF THE COMPETENCY IN PASSEPOILLE POCKET
MAKING BY USING CHART MEDIA FOR GRADE X STUDENTS OF SMK NEGERI 4
YOGYAKARTA
ABSTRACT
This study aimed to insvestigate: (1) the implementation of the learning of passepoille pocket
making by using chart media, and (2) the improvement of the attainment of the competency in
passepoille pocket making by using chart media. This was a classroom action research study by using
Kemmis & McTaggart’s model. The data were collected by an observation sheet for the learning
implementation and a competency attainment test. This instrument validity was assessed in term of
the content validity through expert judgment and it was valid. The instrument reliability was assassed
by Cronbach’s Alpha formula and was reliable. The data analisys used the quantitative descriptive
using percentages. The results of the study showed that: (1) the learning of passepoille pocket making
by using chart media was implemented in two cycles whit three learning stage, namely opening, main
activities, and closing. (2) regarding the improvement of the attainment of the competency in
passepoille pocket making, in the pre-cycle 7 students(23,30%) attauned the minimum mastery
criterion (MMC) and it improved in cycle 1 with 21 students (70%) attaining MMC. In cycle 2 30
students (100%) attained MMC. This indicated that chart media could improve the attainment of the
competency in passepoille pocket making.
Keyword: attainment of competency, passepoille pocket making, chart media

Full Text:

PDF

References


Basyiruddin Usman, (2002).Media

Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers

E.Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset

Nanie Asri Yuliati. (1993). Teknologi

Busana. Yogyakarta: FPTK IKIP

Yogyakarta

Porrie Mulyawan. (2012). Dasar-Dasar

Teknik Jahit-Menjahit. Jakarta:Penerbit

Libri.

Sukiman, (2012). Pengembangan Media

Pembelajaran,Yogyakarta: Pedagogia

Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal

ayat 20

Zainal Arifin. (2011). Evaluasi

Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja

Rosdakarya

Eny Zubaidah. (2015). Pemanfaatan Media

Pembelajaran untuk menciptakan

Lingkungan Kelas SD (Alternatif

Penciptaan Laboratorium SD yang

Efektif). Jurnal prima edukasi.

Yogyakarta: Jurnal UNY.

Novi Kristiani, Zuhdan Kun Prasetyo

(2016). Keefektifan Pembelajaran

Matetamtika Melalui Media Benda

Konkret Pada Kelas V SD Timuran.

Jurnal prima edukasi. Yogyakarta: Jurnal

UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1