PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA JAS WANITA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS XII DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Juniaty Boru Manurung, , Indonesia
Sugiyem, M.Pd Sugiyem, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran membuat pola jas wanita menggunakan adobe flash CS6 (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat pola jas wanita menggunakan adobe flash CS6 pada siswa kelas XII SMK Karya Rini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall meliputi : 1) Analisis kebutuhan, 2) Pengembangan produk, 3) Validai ahli dan revisi, 4) Uji kelompok kecil, 5) Uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran membuat pola jas wanita berhasil dikembangkan menggunakan adobe flash CS6, (2) Media pembelajaran membuat pola jas menggunakan adobe flash CS6 dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan kategori penilaian ‘layak’, (3) Uji coba skala kecil pada 5 siswa memperoleh nilai 4,51 di semua aspek sehingga termasuk pada klasifikasi sangat baik yang artinya sangat layak, (4) Uji coba skala besar pada 29 siswa menunjukkan bahwa pada aspek pembelajaran adalah 4,40, aspek isi materi 4,38 dan aspek media adalah 4,37 termasuk klasifikasi sangat baik yang artinya sangat layak.
Kata kunci : Pengembangan Media, Pola Jas Wanita, Adobe Flash CS6
This study aimed to: (1) develop learning media using adobe flash CS6 for the making of women’s suit patterns, and (2) investigate the appropriateness of the developed media for Grade XII students of SMK Karya Rini. The study used Borg and Gall’s development model consisting of: 1) needs analysis, 2) product development, 3) expert validation and revision, 4) small-group tryout, and 5) large-group tryout and final product. The data were collected through questionnaires, observation sheets, documentation, and interviews. The data analysis used the qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The results of the study were as follows. (1) The media for the making of women’s suit patterns were developed by using adobe flash CS6. (2) The learning media using adobe flash CS6 for the making of women’s suit patterns were appropriate based on the assessment by the materials expert and media expert. (3) The small-scale tryout involving 5 students yielded a score of 4.51 for all aspects so that the media were very good and very appropriate. (4) The large-scale tryout involving 29 students yielded a score of 4.40 for the learning aspect, 4.38 for the material contents, and 4.37 for the media aspect, indicating that the media were very appropriate.
Keywords: Media Development, Women’s Suit Patterns, Adobe Flash


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Parsada.

Eko Putro Widoyoko. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (2016). Pedoman Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1