PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLOWCHART TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SEWON
Sri Emy Yuli Suprihatin, M.Si, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui hasil belajar pembuatan saku passepoille pada siswa
tanpa menggunakan media flowchart, (2) mengetahui hasil belajar pembuatan saku passepoille pada siswa dengan
menggunakan media flowchart, (3) membuktikan adanya pengaruh penggunaan media flowchart terhadap hasil
belajar pembuatan saku passepoille pada siswa kelas X SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian
Praeksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Sewon. Teknik pengambilan
sampel dengan probability sampling berupa simple random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari tes untuk
mengukur kognitif dan psikomotor dan observasi untuk mengukur afektif. Validitas instrument tes menggunakan
validitas isi. Realibilitas instrument menggunakan metode inter-rater. Uji normalitas menggunakan rumus One
Sample Kolmogorov Smirnov dengan nilai0,129 pada kelas control dan 0,732 pada kelas eksperimen. Uji
homogenitas menggunakan uji-F dengan nilai = 1,789. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pembuatan saku passepoille siswa tanpa menggunakan media flowchart
yaitu 15 siswa (46,9%) belum mencapai KKM dan 17 (53,1%) siswa telah mencapai KKM, (2) hasil belajar
pembuatan saku passepoille siswa menggunakan media flowchart yaitu 32 siswa (100%) telah mencapai KKM, (3)
terdapat pengaruh penggunaan media flowchart terhadap hasil belajar pembuatan saku passepoille siswa , dilihat
dari hasil perhitungan uji-t diperoleh - kurang dari - (- 8,913 < - 1,69 ) dan taraf signifikansi lebih
kecil (0,00 < 0,005).
Kata Kunci: flowchart, hasil belajar, saku passepoille.
Abstract
The objectives of this research are: (1) to find out achievement on Passepoille pouch making, without using
flowchart media. (2) to find out the achievement on Passepoille pouch making by using flowchart media.(3) to
acknowledge the influence of using flowchart media to wards achievement on Passepoille pouch making. Preexperiment
method, with post-test only control desgin, is used to conduct this research. Research population are X
grade students in fashion class at SMK Negeri 1 Sewon. Probability sampling also used in form of simple random
sampling technique. Data are collected by test, to measure cognitive and psychomotor aspects and observation to
measure affective aspect. Content validity used as instrument validity then instrumen realibility used inter-rater
method. Normality test used one sample Kolmogorov Smirnov formula with 0,129 point on control class and 0,732
on experiment class. Homogeneity test used F-test with F-aritmethic= 1,789 and hypothesis test used independent
sample t test. The result show: (1) the X grade student’s achievement on Passepoille pouch making in fashion class
at SMK Negeri 1 Sewon, without using flowchart media was 15 students (46,9%) did not achieve the minimum
requirement point and 17 students (53,1%) achieved the minimum requirement point. (2) the X grade student’s
achievement on Passepoille pouch making in fashion class at SMK Negeri 1 Sewon, using flowchart media was 32
students (100%) achieved the minimum requirement point. (3) There is influence of using flowchart media towards
X grade student’s achievement on Passepoille pouch making in fashion class at SMK Negeri 1 Sewon. It showed
from t-test result which get – t arithmetic less than –t table (- 8,913 < - 1,69) and significance level is lesser (0,00
< 0,005).
Keywords: flowchart, student’s achievement, passepoille pouch
Full Text:
PDFReferences
Arief. S Sadiman, dkk.( 2006). Media
Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada
Grinnel, Jr. dan Richart, M. (1998). Social Work
Research and Evaluating. Third Edition.
Illionis : F.E. Peacock Publiser.
Heri Sismoro. (2005). Pengantar Logika
Informatika, Alogaritma, dan
Pemrograman Komputer. Yogyakarta:
Andi Offset.
Jhon Latuheru D.. (1988). Media Pembelajaran
Dalam Proses Belajar Mengajar Masa
Kini. Jakarta : Direktorat Jendral
Pendidikan dan Kebudayaan.
Marsudi. (2016). Penerapan Model
Konstruktivistik dengan Media File
Gambar 3D Untuk Meningkatkan
Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar. JPTK
Vol. 23 No. 1. Yogyakarta: SMK Negeri 2
Pengasih.
Muhammad Amin. (2015). Pengaruh
Pembelajaran Responsi Pra Praktikum
Dan Jobsheet Terpadu Terhadap Hasil
Belajar Mahasiswa Pada Praktikum
Pengukuran Listrik. JPTK Vol. 22 No. 4.
Medan: Universitas Negeri Medan.
Jurnal Pendidikan Teknik Busana 10 UNY - Edisi April 2017
Noto Widodo. (2012). Pengaruh Penggunaan
Diaknosa Chart Terhadap Hasil Belajar
Mata Kuliah Praktik Diaknosis Sistem
Kelistrikan. JPTK Vol. 21, No. 2.
Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik : Penilaian
Hasil Belajar Siswa Berdasarkan
Kurikulum 2013. Rev.ed. Jakarta : PT
Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i4.10259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1