IDENTIFIKASI FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BUSANA ANAK PADA SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar apa saja
yang dialami siswa kelas X pada mata pelajaran busana anak di SMK Karya Rini bila ditinjau dari
faktor eksternal. 2) mengetahui faktor eksternal penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor
lingkungan keluarga. 3) mengetahui faktor eksternal penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor
lingkungan sekolah. 4) mengetahui faktor eksternal penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor
lingkungan masyarakat. Sampel penelitian sebanyak 35 siswa kelas X jurusan Busana di SMK Karya
Rini Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : 1) ditinjau dari faktor eksternal diketahui faktor penyebab kesulit an belajar meliputi Faktor
lingkungan keluarga, Faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat. 2) penyebab
kesulitab belajar ditinjau dari faktor lingkungan keluarga yaitu faktor suasana keluarga (57,1%). 3)ditinjau dari faktor lingkungan sekolah adalah faktor alat (51,4%). 4) ditinjau dari faktor lingkungan
masyarakat adalah faktor teman sebaya (48,6%).
Kata Kunci :
kesulitan belajar, faktor eksternal, mata pelajaran busana anak
Abstract
This study aims to investigate: 1)factors causing learning difficulties faced by Grade X students
in the subject of children’s fashion in terms of external factors at SMK Karya Rini Yogyakarta, 2)external factors causing learning difficulties in terms of the family environment factor, 3)external
factors causing learning difficulties in terms of the school environment factor, and 4)external factors
causing learning difficulties in terms of the social environment factor. Research sampel consisted of 35
students grade X of fashion departement at SMK Karya Rini Yogyakarta. The data were collected by
documentation, interviews, and a questionnaire. The data analysis was the descriptive analysis using
percentages. The results of the study show that: 1) in terms of external factors, the factors causing
learning difficulties include the family, school, and social environment factors; 2) the cause of
learning difficulties in terms of the family environment factor is the family atmosphere factor (57.1%);
3) in terms of the school environment factor it is the equipment factor (51.4%); and 4) in terms of the
social environment factor it is the peer factor (48.6%).
Keywords : Difficulties Learning, External Factors, Children’s Fashion Subjects.
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsuddin Makmun. (2002).
Psikologi Kependidikan Perangkat
Sistem Pengajarn Modul. Bandung:
PT. Renaja Rosda Karya.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono.
(2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Punaji Setyosaari. (2012). Metode
Penelitian Pendidikan Dan
Pengembangan. Jakarta : Kencana
Prenada Media Grup.
Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan
Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah
Statistika dan Kekuatan Material.
Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan
(Nomor 4 Vol 2). Hlm. 1-11.
Uswatun Hasanah. (2012). Membuat
Busana Anak. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1