PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI PAKAIAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

Ramadhani Rahmayanti, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran penyelesaian tepi pakaian
pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit SMK Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta 2) mendapatkan
modul pembelajaran penyelesaian tepi pakaian pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit SMK Negeri
1 Sewon yang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Reaserch
and Development) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim
Puslitjaknov. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian yakni validitas isi dan validitas
konstruk, sedangkan reliabilitas menggunakan reliabilitas Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul
penyelesaian tepi pakaian berhasil dilakukan menggunakan model pengembangan dari Tim Puslitjaknov
dengan 5 tahapan yakni: a) analisis produk yang dikembangkan, b) pengembangan produk awal, c)
validasi ahli dan revisi , d) Uji coba skala kecil, e) uji coba skala besar. 2) hasil validasi modul dilakukan
2 ahli yaitu ahli materi memperoleh skor rerata 21 dan ahli media memperoleh skor rerata 29 masuk
dalam kategori “layak”. Uji coba skala besar dilakukan oleh 32 siswa diperoleh hasil, kategori sangat baik
sebanyak 29 siswa dengan presentase 92% dan kategori baik sebanyak 3 siswa dengan presentase 8%.
Produk akhir dari penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran penyelesaian tepi pakaian
yang telah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran dasar teknologi
menjahit di SMK Negeri 1 Sewon.

Kata Kunci: Pengembangan modul pembelajaran, penyelesaian tepi pakaian, kelayakan modul

 


This studi aimed to: 1) develop learning module for clothing edge finishing for SMK Negeri I Sewon
Bantul Yogyakarta, and 2) investigate the appropriateness of module for clothing edge finishing for SMK
Negeri I Sewon Bantul Yogyakarta. This was a reaserch and development (R&D) study employing the
development model by Borg and Gall quoted by a team in the Center for Policy and Inovation Studies
consisting of 5 stages. The validity in the study was assesset in termes of the conten validity and the
construct validity and the reliabity was assesset by Alpha Croncbach. The data analisys technique was the
descriptive analisys technique. The results of the study were as follows 1) the module for clothing edge
finishing is success fully developed in accordance with the development model from a team in the Center
for Policy and Inovation Studies consisting of 5 stages. i.e: a) analysis of the product to be developed, b)
premilinary product development, c) expert validation, d) small-group tryout, and e) large-group tryout
and final product. 2) the module validation was conducted by 2 experts, from the materials expert the
mean score was 21 and from the media experts the mean score was 29 it was in the appropriate category.
The result of large-scale tryout conductd by involving 32 students was very good according to 29 student
(92%) and good according to 3 students (8%). The final product of this research and development was a
module for clothing edge finishing which appropriate and could be used as learning materials for the
subject of principles of sewing technology at SMK Negeri 1 Sewon.

Key words: learning module development, clothing edge finishing, module appropriateness

 


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press

Chosim S. Widodo dan Jasmadi. (2008).

Panduan menyusun Bahan Ajar Berbasis

Kompetensi. Jakarta: PT Alex Media

Komputindo

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Tim Pengembangan MKDP. (2011). Kurikulum

dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja

Grafindo

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian

Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Badan

Penelitian dan Pengembangan Departemen

Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1