UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BUSANA BUTIK SMKN 1 BAWANG BANJARNEGARA UNTUK MELANJUTKAN STUDI BIDANG BUSANA DI PERGURUAN TINGGI
Dr. Widihastuti Widihastuti, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya yang telah dilakukan guru dalam
memotivasi siswa untuk melanjutkan studi bidang busana di perguruan tinggi, (2) motivasi siswa busana
butik SMKN 1 Bawang untuk melanjutkan studi bidang busana di perguruan tinggi. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Pengambilan data penelitian menggunakan angket,
lembar observasi dan wawancara. Jumlah populasi penelitian sebanyak 60 siswa, 26 siswa sebagai sampel
uji coba dan 34 siswa sebagai data penelitian. Pembuktian instrumen menggunakan validitas konstruk
yang sudah dikonsultasikan dengan expert judgement kemudian diuji cobakan langsung dan dianalisis
dengan rumus product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis
data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data menggunakan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam memberikan motivasi kepada
siswa meliputi: (1) bimbingan karir kepada siswa termasuk kategori sedang , (2) sosialisasi mengenai
perguruan tinggi termasuk kategori rendah. Motivasi siswa melanjutkan studi bidang busana meliputi: (1)
motivasi melanjutkan studi secara intrinsik kategori rendah, (2) motivasi melanjutkan studi secara
ekstrinsik kategori rendah.
Kata kunci: upaya guru, siswa, perguruan tinggi, busana
Abstract
This research was aimed to describe: (1) the efforts that have been done by the teacher in
motivating students to continue their study in the field of fashion design in higher education , (2) the
motivation of fashion design students SMKN 1 Bawang to continue their study in the field of fashion in
college. This research was designed as descriptive research with survey approach. The data were
collected in th form of questionnaire, observation sheets, and interview. There are 60 students
participated as the objective of this study, 26 students were as the sample test, and 34 students were as
the research data. Instrument verification used construct validity consulted with expert judgment then
being tested. The result of validity of the instrument used product moment formula, while reliability test
used alpha cronbach formula. The quantitative descriptive statistical techniques used as the data
analysis, and the presentation of the data used in the form of percentage. The result showed the efforts
that have been done by the teacher in providing motivation to students include: (1) career guidance to
students including medium), (2) socialization of college including low category. The motivation of
students to continue their study: (1) intrinsically motivation in the low category, (2) extrinsically
motivation in low category.
Key words: the efforts of teacher, students, college
Full Text:
PDFReferences
Dwi, J. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar
Guru, Keterlibatan Orang Tua,
Aktualisasi Diri Terhadap Motivasi
Beprestasi. Universitas Negeri
Yogyakarta: JPTK: Volume 22
Djaali, (2015), Psikologi Pendidikan. Jakarta.
Bumi Aksara
Fuad Ihsan (2008), Dasar – dasar Kependidikan.
Jakarta: Rineka Cipta
Gilang Abietama (2016), Minat Siswa Kelas
Khusus Olahraga (KKO) Kelas X Dan XI
Di SMA Se-Kabupaten Sleman Melanjutkan
Ke Perguruan Tinggi Ilmu Keolahragaan.
Skripsi: UNY
Jamaris Martini (2013), Orientasi Baru dalam
Psikologi Pendidikan. Bogor:
Ghalia Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997).
Pengertian Upaya. Jakarta: Balai Pustaka
Mardapi Djemari. (2008). Teknik Penyusunan
Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta:
Mitra Cendekia
Mudjiono, Dimyati (2009), Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
N Nurtiyani (2016) Teori Upaya Guru. Artikel
Diambil pada tanggal 26 September
, dari
http://eprints.radentatah.ac.id/142/2/BAB
%20II.pdf
Rusman (2011), Model – Model Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers
Sagala Syaiful (2009), Kemampuan Profesional
Guru dan Tenaga Kependidikan.
Bandung: Alfabeta
Santrock J.W (2004), Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media Group
Sardiman (2007), Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rajawali
Slameto (2013), Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono (2014), Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i3.10249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1