PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISIONSTERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XPADA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK 1 SEWON
Sri Widarwati, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuanpenelitiandirancanguntukmengetahui:(1)Prestasi belajar siswakelas kontrol menggunakan
pendekatan saintifikmata pelajaran Dasar Pola,(2)Prestasi belajar siswa kelas eksperimen menggunakan
pendekatan saintifik model pembelajaran STAD mata pelajaran Dasar Pola (3)membuktikan adanya pengaruh
model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar mata pelajaran Dasar
Pola.PenelitianinimenggunakanpendekatanQuasiEksperiment.Desainpenelitianpretest posttest non-equivalent
controlgroupdesign.Analisisdatamenggunakananalisisdeskriptif,
u jit.Hasilpenelitianmenunjukkan:(1)Prestasi belajar dasar pola kelas kontrol pretest 14 siswa yang mencapai
KKM dan 9 siswa yang tidak mencapai KKM, rerata 78.12, nilai posstest16 siswa yang mencapai KKM, 7
siswa yang tidak mencapai KKM dengan rerata 78.73(2)Prestasi belajar kelas eksperimen pretest17 siswa
mencapai KKM dan 6 siswa yang tidak mencapai KKM dengan rerata 82.70, nilai posttest sebesar 23 siswa
yang mencapai KKM dengan rerata 82.70 (3)ada pengaruhpenggunaanmodelpembelajaranSTAD terhadap
prestasi belajar Dasar Pola, hal ini dibuktikan h
asilujittestyaitu2.484 ≥ 2.015ataut
hitung
Katakunci :Student Teams Achivemnet Deviosions, Prestasi Belajar, Dasar Pola
>t
tabel
.
.
Abstrack
The research aims to (1)Learning Achievement grade control use scientific approach subjects the
Basic Pattern,(2)Prestasi learn grade experiment using a scientific approach to learning Basic subjects STAD
pattern (3)prove the existence of the influence model of learning learning achievements against STAD
subjects the basic pattern. PenelitianiniCEenggunàkanpendekatanQu asiEksperiment. Desainpenelitianprett
esposttest non-equivalent controlgroupdesign.Analisisdatamenggunakananalisisdeskriptif, u jit.
Hasilpenelitianmenunjukkan: (1)the basic pattern of Learning Achievement grade control pretest 14 students
who achieve the KKM and 9 students who do not achieve the KKM, 78.12, average value posstest 16 students
who achieve the KKM, 7 students who do not achieve the KKM with average 78.73 (2)Prestasi learning
classroom experiments pretest 17 students achieve the KKM and 6 students who do not achieve the KKM with
average 82.70 , the value of posttest of 23 students who achieve average with KKM 82.70 (3)there is the
influence ofpenggunaanmodelmbe pelajaranSTAD against achievement learning basic pattern, this is proven
hasilujittestyaitu2,484 ≥ 2,015atauthitung>ttabel..
Katan kunci:Student Teams Use Achivemnet Deviosions, Learning Achievements, Basic Pattern
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2008). Cooperative Learning.
Jakarta: Gramedia.
Nur Asma. (2006). Model Pembelajaran
Kooperatif. Jakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta
Sugiyono.(2015).Metode
PenelitianPendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D.Bandung:Alfabeta
Djoko Santoso, dkk. (2007). Upaya
Meningkatan Mutu Kualitas
Pembelajaran Rangkaian Listrik
Melalui Pembelajaran Kooperatif
Teknik STAd Mahasiswa Jurusan
Teknik Elektro Ft UNY.(Online:
http://journal.yc.id/index.php/iptk,
diakses 28 Maret 2017).
Santi Utami,dkk. (2015)Peningkatan Hasil
Belajar Melalui Pembelajaran
PengaruhModelPembelajaran...(Ricky Oktaviani)13
Kooperatif Tipe STAD Pada
Pembelajaran Dasar Sinyal.(Online:
http://journal.yc.id/index.php/iptk,
diakses 28 Maret 2017).
Endah Susialina, dkk. (2012)Peningkatan
Keaktifan Siswa Pada Pencapaian
Hasil Unjuk Kerja Membuat Pola
Busana Anak Laki-laki Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di
SMK N 1 Padak, (Online:
http://journal.yc.id/index.php/iptk,
diakses 28 Maret 2017).
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1