PENGEMBANGAN MEDIA CHART TIGA DIMENSI PEMBUATAN LIPIT DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Arini Safruda, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media chart tiga dimensi (3D)
pembuatan lipit, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran chart tiga dimensi (3D) pembuatan
lipit. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur
pengembangan mengikuti langkah TIM Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) yang
terdiri dari lima tahapan, yaitu : (1) analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal, (3)
validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Subyek penelitian untuk
uji coba skala kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba skala besar 34 siswa. Validasi media
pembelajaran chart tiga dimensi (3D) dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan persentase, dimana kelayakan media chart tiga dimensi (3D)
diperoleh melalui uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, serta pendapat dari ahli materi maupun
ahli media. Hasil penelitian ini adalah : (1) telah dihasilkan produk media pembelajaran berupa media
chart tiga dimensi (3D) pembuatan lipit, (2) media pembelajaran chart tiga dimensi (3D) pembuatan
lipit dinyatakan layak digunakan. Ahli materi menyatakan bahwa media chart tiga dimensi (3D)
berada dalam kategori layak dengan skor keseluruhan responden dengan nilai 9 poin, serta ahli media
menyatakan layak dengan skor keseluruhan responden dengan nilai 14 poin, hasil uji coba skala kecil
dengn skor total 776 dengan persentase 54% berada dalam kategori layak, dan uji coba skala besar
dengan skor total 2966 dengan persentase 64% dalam kategori layak.
Kata kunci:pengembangan media chart tiga dimensi (3D), pembuatan lipit

 

Abstract
This study aimed to: (1) develop 3D media chart of basic pleated, (2) understanding the
feasibility of 3D media chart of basic pleated. The study is research and development (R&D) with
TIM Puslitjaknov procedure consisting 5 step: (1) analyse main need, (2) develop early product, (3)
validation of expert and revision, (4) train and error in small scale and revise, (5) train and error
within bid scale and latest product. The data were collected trough observations, interviews, and
questionnaires. The research subjects for the small-scale tryout were 10 students and those for the
large-scale tryout were 34 students. The three-dimensional chart learning media were validated
media experts and materials experts. The data analysis technique was the descriptive statistical
analysis technique using percentages where the feasibility is gained through testing in small and
larger scale. Also trough opinions of expert in related field and media. The result of the study are: (1)
learning media such as (3D) media chart of basic plated, (2) 3D learning media chart of basic oalted is
which is feasible to use. The expert stated that the 3D chart is with score 9, and media expert stated
the media is feasible with score of 14. Result in small scale shows total score of 776 with 54% of
feasibility and testing larger scale with total score of 2966 with 64% of feasibility.

Keywords: developing three dimensional (3D) chart media, pleat making


Full Text:

PDF

References


Anik Gufron. (2007). Panduan Penelitian

dan Pengembangan Bidang Pendidikan

dan Pembelajaran

Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran.

Bandung: Satu Nusa

Hamalik Oemar. 1982. Media Pendidikan.

Bandung: Penerbit Alumni

Mansur Muslich. (2007). KTSP Dasar

Pemahaman danPengembangan.

Jakarta: PT. Bumi Aksara

Miftahul Huda. 2013: MODEL-MODEL

PENGAJARAN DANPEMBELAJARAN

Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Munadi Yudhi. 2013. Media Pembelajaran.

Jakarta: REFERENSI

Nanie Asri Yuliati, 1993. Teknologi Busana.

FPTK IKIP Yogyakarta: Yogyakarta

Nana Sudjana.(2002). Dasar-dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru

Riduwan, M.B.A. 2009. Metode dan Teknik

Menyusun Proposal Penelitian.

Bandung: ALFABETA

Sadima Arief. 2011. Media Pendidikan .

Jakarta: Rajawali Pers

Saifudin Azwar. (2001). Reliabilitas dan

validitas.Pustaka Belajar: Yogyakarta

Sugiyono.2008. Metode Penelitian

Pendidikan.Statistika Untuk Penelitian

Bandung :Alfabeta

Surjaweni Wiratna V. SPSS Untuk Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Universitas Negeri Yogyakarta.(2011).

PedomanTugas Akhir.Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Vina Giri Liani (2009). Pengembangan Media

Pembelajaran Chart Mata Diklat

Menggambar Busana di SMK Piri 2

Yogyakarta.Skripsi. FT UNY

Wijaya dkk (1999).Proses pembelajaran.

Jakarta: Kencana

Dina, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Banttu Media

Pengajaran. Yogyakarta: Diva Pers.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian

Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Puslitjaknov, T. (2008). Metode Penelitian

Pengembangan. Pusat Penelitian

Kebijakan & Inovasi Pendidikan Badan

Penelitian & Pengembangan

Departemen Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1