PENGEMBANGAN MEDIA ALG PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE PADA MATA PELAJARAN BUSANA PRIA

Awwali Ibnu Wardaya, , Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, M,Si, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran ALG pembuatan saku
passepoille dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran ALG pembuatan saku passepoille dari
hasil pengujian. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development).
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan,
dengan melalui empat tahapan yaitu: define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen menggunakan
validitas konstruk. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini adalah: 1)
media ALG dilakukan dengan a) analisis kebutuhan produk, b) pengembangan media ALG dilakukan
sesuai rancangan, c) validasi ahli dan revisi meminta bantuan para ahli untuk menilai, d) uji kelompok
kecil dengan memilih 10 siswa ,dan e) uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 27 (2) kelayakan
media ALG berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi dengan prosesntase kelayakan 100% dan 1 ahli
media dengan prosentase kelayakan 100%.

Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran ALG, saku passepoille

 

Abstract
This study aims to: (1) create an ALG learning media of making passepoille pocket
and (2) to know the feasibility of the learning media after the test result. This study is a
research and development studies. This study uses 4D development stages model by
Thiagarajan namely define, design, develop and disseminate. The data were collected by
observation, interview and questionnaire. The instrument validity uses construct validity. The
reliability test uses Alpha Cronbach. The result shows 1) the ALG media was done by using a)
product needs analysis, b) appropriate ALG media development design, c) experts judgement
d) small group test by selecting 10 students, and e) large group test with total 27 students. 2)
the feasibility of the material based on the two material experts are 100 percents feasible and
based on one media expert is also 100 percents feasible.
Keywords: development, ALG kearning media, Passepoille pocket


Full Text:

PDF

References


Arikunta, S. (2006). Prosedur penelitian

suatu pendekatan praktik. Jakarta :

Rineka Cipta

Moedjiono & Dimyati. (1993). Strategi

belajar mengajar. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode

penelitian terapan bidang

pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode penelitian

bisnis (pendekatan kuantitatif,

kualitatif, dan r&d). Bandung:

Alfabeta

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program

pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i2.10240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1