PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK CAP BERBASIS APLIKASI PREZI UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP N 2 SEDAYU

Siti Khanifah, , Indonesia
Kapti Asiatun, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran batik cap berbasis aplikasi Prezi;
2) mengetahui kelayakan media pembelajaran batik cap berbasis aplikasi Prezi. Jenis penelitian ini adalah
pengembangan (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Tim
Puslitjaknov menjadi 5 tahapan, yaitu: 1) analisis kebutuhan produk dan analisis kurikulum dengan silabus; 2)
pengembangkan produk awal; 3) validasi dan revisi, dilakukan kepada ahli media dan ahli materi; 4) uji coba
lapangan skala kecil, dengan 9 siswa; 5) uji coba lapangan skala besar dengan 50 siswa dan produk akhir. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) media pembelajaran batik cap berbasis aplikasi Prezi, 2) kelayakan media
berdasarkan pendapat ahli masuk kategori layak. Uji coba skala kecil, menunjukkan penggunaan media
pembelajaran berbasis aplikasi Prezi sebagai media pembelajaran batik di sekolah 67% siswa menyatakan sangat
setuju, 11% setuju dan 22% kurang setuju. Uji coba skala besar, menunjukkan penggunaan media pembelajaran
berbasis aplikasi Prezi sebagai media pembelajaran batik di sekolah 78% siswa menyatakan sangat setuju dan 22%
setuju.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Batik Cap, Aplikasi Prezi

 

Abstrack

The purposes of this re search are (1) to develop the learning media of stamp batik based on Prezi
application, (2) to find outthe qualification of learning media of stamp batik based on Prezi application The type of
theresearch was research and development that used Borg and Gall’s model adapted by Puslitjaknov Team. There
were 5 steps, namely, 1) analyzing product requirement done by analyzing curriculum and syllabus 2) developing
initial product, 3) validating and revising which was done by media experts and material experts 4) doing small
scale field experiment with 9 students 5) doing large scale field experiment, with 50 students and having final
product. The data collected methods were observation, interview, and questionnaire. The data analysis technique
was descriptive analysis technique. The results of this research are 1) developing the learning media of stamp
batik based on prezi application, 2) the media qualification based on expert judgment are considered as
appropriate. The result of small scale field experiment shows that 67% of students strongly agree, 11%of students
agree and 22% of students less agreeusing prezi application as learning media of batik. The result of large scale
field experiments shows that 78% of students strongly agree and 22% agree using prezi as learning media of batik
for school.

Key word: Developin, Learning Media, Stamp Batik, Prezi Application


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Brian E. Perron dan Alyson G. Stearns. (2010). A

Review of A Presentation Technology:

Prezi. Journal of Research on Social

Work Practice. Diakses dari http://rswsagepub.com

pada tanggal 20 Desember

, jam 13.20 WIB.

Budi Purwanti. (2015). Pengembangan Media

Video Pembelajaran Matematika dengan

Model Assure. Jurnal. Malang : Universitas

Muhammadiyah Malang.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Ghava Media.

Munir. (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi

dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Komputer untuk Peserta Didik Mata

Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan. 2. Hlm. 219

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20busana.v6i1.10230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JOURNAL PENDIDIKAN TEKNIK BUSANA - S1