ANALISIS GENDER DALAM BUKU TEKSPELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

irma irma,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran gender, (2) relasi gender,  (3) bias gender dalam buku pelajaran untuk siswa sekolah dasar kelas rendah dengan analisis multimodal.

Sumber data penelitian ini adalahbuku pelajaran siswa sekolah dasar kelas 1,2, dan 3 meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS. Data dianalisisdengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantis, referensial, expert judgement) dan reliabilitas (interrater dan intrarater).

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, peran gender diekspresikan melalui teks verbal/kalimat ditemukan peran feminin sebanyak 63 kalimat (54%), peran gender maskulin 43 kalimat (36%), dan kesetaraan gender  12 kalimat (10%). Pada visual/gambar, ditemukan feminin sebanyak 19  gambar (56%), maskulin 13 gambar (38%) dan setara 2 gambar (6%). Kedua, relasi gender diekspresikan melalui teks verbal/kalimat ditemukan relasi gender yaitu laki-laki mendominasi perempuan sebanyak 62 kalimat (43%), perempuan mendominasi laki-laki sebanyak 70 kalimat (50%), perempuan tidak mendominasi/dapat dikerjakan laki-laki sebanyak 6 kalimat (4%), laki-laki tidak mendominasi/dapat dikerjakan perempuan 5 kalimat (3%). Pada gambar/visual, relasi gender ditemukan perempuan mendominasi laki-laki 21 gambar (49%), laki-laki mendominasi perempuan 20 gambar (47%), perempuan tidak mendominasi/dapat dikerjakan laki-laki sebanyak 1 gambar (2%), laki-laki tidak mendominasi/dapat dikerjakan perempuan 1 gambar (2%).Ketiga,bias gender diekspresikan melalui teks verbal/kalimat, ditemukan marginalisasi sebanyak 21 kalimat (16%), subordinasi 28 kalimat (21%), stereotip 22 kalimat (17%), kekerasan tidak ditemukan, beban kerja 61 kalimat (46%). Pada gambar/visual, ditemukan marginalisasi sebanyak 4 gambar (8%), subordinasi 7  gambar (14%), stereotipe 12 gambar (42%), dan beban kerja 18 gambar (36%).

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.