ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI TELEVISI
Abstract
Penelitian analisis tindak tutur dalam iklan produk kecantikan di televisi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak lokusi dan fungsi ilokusi yang terdapat dalam tuturan iklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan produk kecantikan di televisi. Objek penelitian ini adalah bentuk tindak lokusi dan fungsi ilokusi yang terdapat dalam tuturan iklan. Pemerolehan data dilakukan melalui teknik mencatat. Data dianalisis dengan metode padan. Metode padan yang digunakan yaitu teknik PUP. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teori. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat ditarik dua simpulan. Pertama, bentuk tindak lokusi yang ditemukan dalam iklan produk kecantikan di televisi adalah berupa kalimat deklaratif, kalimat interogatif, dan kalimat imperatif. Dalam iklan produk kecantikan di televisi, bentuk tindak lokusi menampilkan dominasi bentuk kalimat deklaratif. Hal ini menunjukkan adanya sesuatu yang diberitakan kepada pemirsa yang menonton mengenai kandungan dan khasiat produk kecantikan yang sedang diiklankan. Kedua, fungsi ilokusi yang terdapat dalam iklan produk kecantikan di televisi adalah fungsi asertif, fungsi direktif, fungsi komisif, dan fungsi ekspresif. Dalam iklan produk kecantikan di televisi, fungsi ilokusi menampilkan dominasi fungsi asertif. Hal ini ditunjukkan oleh adanya suatu pernyataan mengenai perubahan kondisi fisik dari peserta tutur dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Kata kunci: Tindak Tutur, Bentuk Lokusi, Fungsi Ilokusi, Pragmatik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.