Perbandingan Sintaksis dalam Karangan Narasi Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Gotakan, Kulon Progo, D. I. Yogyakarta

M.Agustina Sri Wahyuni,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur kalimat yang digunakan,      
(2) jenis kalimat yang digunakan, (3) sistem transitivitas yang terdapat pada karangan narasi siswa
SD kelas tinggi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian
yaitu karangan narasi siswa SD kelas tinggi dan objek penelitian yaitu perbandngan sintaksis yang
terdapat dalam karangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ragam struktur kalimat yang paling banyak
ditemukan pada karangan siswa kelas 4, dan struktur kalimat yang paling sering digunakan siswa
kelas tingggi yaitu SPK (2)  jenis kalimat yang paling banyak ditemukan pada karangan siswa
kelas tinggi yaitu klausa berita dan frekuensi temuan jenis klausa lainnya tidak jauh berbeda pada
tiap kelas, (3) pada sistem transitivitas, proses yang paling banyak ditemukan pada karangan siswa
kelas tinggi adalah material, sedangkan proses yang paling sedikit ditemukan adalah tingkah laku.
Perbandingan bahasa tulis pada karangan siswa kelas tinggi  tidak memiliki banyak perbedaan,
karena siswa telah mendapat pelajaran menyusun kalimat hingga membuat paragraf pendek saat
masih di kelas rendah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.