GANGGUAN TRAUMATIK PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IF YOU KNOW WHY KARYA INDRIYA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Saharani Putri Azzahra, Universitas Negeri Yogyakarta
Nurhadi Nurhadi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui gangguan traumatik yang dialami oleh tokoh utama yaitu tokoh Vanilla, meliputi : (1) gejala gangguan traumatik pada tokoh utama, (2) penyebab gangguan traumatik pada tokoh utama, dan (3) dampak gangguan traumatik pada tokoh utama dalam novel If You Know Why karya Indriya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini menggunakan novel If You Know Why karya Indriya. Subjek penelitian ini adalah tokoh utama yang bernama Vanilla. Penelitian ini difokuskan dengan permasalahan gangguan traumatik yang dialami oleh tokoh Vanilla yang dikaji dengan menggunakan kajian psikologi sastra. Data yang digunakan adalah semua kutipan dialog dan jalan cerita yang mengandung gejala gangguan traumatik, penyebab dan dampak gangguan traumatik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat, instrumen penelitian menggunakan insttumen manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, gejala gangguan traumatik yang dialami oleh tokoh utama yang bernama Vanilla, pasca tragedi kecelakaan yang ia alami 2 tahun yang lalu, yakni: kepingan memori tragis, halusinasi, dan kepribadian lain. Kedua, penyebab gangguan traumatik yang dialami oleh tokoh Vanilla, yakni: tragedi kecelakaan, permasalahan keluarga, dan kejadian masa lalu yang disertai dengan ancaman. Ketiga, dampak gangguan traumatik pada tokoh Vanilla, yakni: menyakiti diri sendiri, menyalahkan diri sendiri, ketakutan, putus asa, dikucilkan dan pelupa.  


Full Text:

PDF

References


Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra : Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Akaka, J., & dkk. (2013). Diagnostic And Statistical Manual Of DSM-5 TM Washington DC: American Psychiatric Publishing.

Bryant, R. A. (2019). Post-traumatic stress disorder: a state-of-the-art review of evidence and challenges. World Psychiatry, 18(3), 259–269.

Dorahy, M. J.,dkk. (2014). Dissociative identity disorder: An empirical overview. Dalam Australian and New Zealand Journal of Psychiatry (Vol. 48, Nomor 5, hlm. 402–417). SAGE Publications Ltd.

Indriya. (2017). If You Know Why (1 ed.). Jakarta : Loveable.

Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. (3 ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.