PENANDA KOHESI DAN KOHERENSI PADA KARANGAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI PATALAN BARU

Rita Nurngaini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tadkiroatun Musfiroh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penggunaan penanda kohesi dan koherensi pada karangan siswa kelas V SD Negeri Patalan Baru. Subjek penelitian ini adalah karangan siswa kelas V SD Negeri Patalan Baru. Objek penelitian ini adalah penanda kohesi dan koherensi dalam karangan siswa kelas V SD Negeri Patalan Baru. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini menunjukkan bahwa penanda kohesi pada karangan siswa kelas V di SD Negeri Patalan Baru adalah referensi, konjungsi, antonimi, sinonimi, pengulangan, hiponimi, subsitusi, kolokasi, dan ekuivalensi. Penanda koherensi yang digunakan adalah kewaktuan, kebersamaan, keparalelan, pemercontohan, perincian, kelas-anggota, dan perbandingan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan penanda kohesi dan koherensi pada karangan siswa kelas V di SD Patalan Baru sudah menunjukkan kebervariasian meskipun frekuensi penggunaannya oleh siswa tidak merata.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.