ANALISIS MAJAS DAN CITRAAN DALAM WACANA IKLAN OBAT BEBAS DI TELEVISI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud majas dalam
wacana iklan obat bebas, dan (2) wujud citraan dalam wacana iklan obat bebas.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode
simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif
menggunakan analisis konten untuk menganalisis makna kontekstual pada majas
dan citraan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan diskusi rekan teman
sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, jenis majas perbandingan,
majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan; kedua, citraan yang
terdapat pada wacana iklan obat bebas sebanyak tujuh citraan, yakni citraan
pendengaran, citraan penglihatan, citraan rabaan, citraan penciuman, citraan gerak,
citraan organik dan citraan pencecapan.
wacana iklan obat bebas, dan (2) wujud citraan dalam wacana iklan obat bebas.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode
simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif
menggunakan analisis konten untuk menganalisis makna kontekstual pada majas
dan citraan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan diskusi rekan teman
sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, jenis majas perbandingan,
majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan; kedua, citraan yang
terdapat pada wacana iklan obat bebas sebanyak tujuh citraan, yakni citraan
pendengaran, citraan penglihatan, citraan rabaan, citraan penciuman, citraan gerak,
citraan organik dan citraan pencecapan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.