ANALISIS MAJAS DAN CITRAAN DALAM WACANA IKLAN OBAT BEBAS DI TELEVISI

Citra Intan Permatasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  (1)  wujud majas  dalam
wacana iklan obat bebas, dan (2) wujud citraan dalam wacana iklan obat bebas.
Jenis  penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh  dengan metode
simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif
menggunakan analisis konten untuk menganalisis makna kontekstual pada majas
dan citraan.  Keabsahan data  menggunakan triangulasi dan diskusi rekan teman
sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,  jenis majas  perbandingan,
majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan; kedua, citraan yang
terdapat pada wacana iklan obat bebas  sebanyak tujuh citraan, yakni citraan
pendengaran, citraan penglihatan, citraan rabaan, citraan penciuman, citraan gerak,
citraan organik dan citraan pencecapan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.