IMPLIKATUR DALAM IKLAN ROKOK DI TELEVISI 2005- 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis implikatur, wujud tuturan
berimplikatur, dan fungsi tuturan berimplikatur yang terkandung dalam iklan
tahun 2005-2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data
diperoleh dengan metode simak bebas libat cakap, teknik rekam,dan teknik catat.
Metode analisis data menggunakan metode padanpragmatik. Uji keabsahan data
menggunakan teknik pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pertama, jenis implikatur dalam iklan rokok tahun 2005-
2016, yaitu a) implikatur percakapan dan b) implikatur konvensional; kedua,
wujud tuturan berimplikatur dalam iklan rokok tahun 2005-2016, yaitu a) kalimat
tanya, b) kalimat perintah, dan c) kalimat seru; ketiga, fungsi tuturan
berimplikatur dalam iklan rokok tahun 2005-2016, yaitu a) direktif, b) ekspresif,
c) representatif, dan d) ekspresif. .
berimplikatur, dan fungsi tuturan berimplikatur yang terkandung dalam iklan
tahun 2005-2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data
diperoleh dengan metode simak bebas libat cakap, teknik rekam,dan teknik catat.
Metode analisis data menggunakan metode padanpragmatik. Uji keabsahan data
menggunakan teknik pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pertama, jenis implikatur dalam iklan rokok tahun 2005-
2016, yaitu a) implikatur percakapan dan b) implikatur konvensional; kedua,
wujud tuturan berimplikatur dalam iklan rokok tahun 2005-2016, yaitu a) kalimat
tanya, b) kalimat perintah, dan c) kalimat seru; ketiga, fungsi tuturan
berimplikatur dalam iklan rokok tahun 2005-2016, yaitu a) direktif, b) ekspresif,
c) representatif, dan d) ekspresif. .
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.