PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X JASA BOGA DI SMK N 3 PURWOREJO
Titin Hera Widi Handayani, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) proses pembelajaran, 2) peningkatan keaktifan siswa dan 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja di kelas X Jasa Boga 1 SMK N 3 Purworejo dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan model spiral Kemmis & McTaggart melalui tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas X Jasa Boga 1 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan, soal essay dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 sampai dengan Mei 2016. Hasil Penelitian: 1) proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan dengan baik dalam 2 siklus, 2) keaktifan siswa dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,4%, 3) peningkatan hasil belajar pretest posttest siklus 1 ke siklus 2 sebesar 43,7%.
Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja.
This study aimed to investigate: 1) the learning process, 2) the improvement of students learning activeness and 3) achievement in the Occupational Sanitation Hygiene and Safety subject in Grade X of Culinary Service 1 at SMK N 3 Purworejo through the cooperative learning model of the Numbered Heads Together (NHT) type. This classroom action research study was conducted by using the spiral model of Kemmis & McTaggart through the stages of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were Grade X students of Culinary Services 1 with a total of 32 students. The data were collected by means of an observation sheet, an essay test, and documentation. The study was conducted from August 2015 to May 2016. Result of study were:1) the learning prosess with cooperative learning model can be well applied in two cycles 2) activity students from cycle I to cycle II increased by 21,4%, 3) improved learning outcomes pretest posttest cycle I to cycle II amounted to 43,7%.
Keywords: activeness, learning achievement, cooperative learning model of Numbered Heads Together (NHT) type, Occupational Sanitation Hygiene and Safety .
Full Text:
PDFReferences
Asep Jihad & Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Multi Press. Halm. 20.
Astri Kumarawati (2012). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kewirausahaan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di SMK N 3 Purworejo. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dwi Yanu S (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Persiapan Pengolahan Makanan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Miftahul Huda. (2012). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Halm. 130
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Halm. 69.
Prabaria Vesca Y (2014) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe NHT Kelas X Multimedia SMK N 1 Magetan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Halm. 100
Sri Rejeki (2015). Sanitasi Hygiene dan K3. Bandung: Penerbit Rekaya Sains. Halm. 74
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Halm. 29
Suharsimi Arikunto. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Halm. 16
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i7.5296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1