EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MENINGKATKAN KREATIVITAS PENYAJIAN DI SMK N 1 KALASAN

Atina Hidayah, , Indonesia
Dr. Marwanti Dr. Marwanti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perencanaan, penerapan, dan efektivitas metode
pembelajaran example non example dalam upaya meningkatkan kreativitas penyajian siswa dalam
mata pelajaran Boga Dasar kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Kalasan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi dan penilaian tugas. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar observasi pelaksanaan metode example non example dalam pembelanjaran dan rubrik penilaian
kreativitas. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstrak (construct validity). Teknik
analisis data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis secara deskriptif analitik yang bersifat
eksplanatorik. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) perencanaan penelitian dengan penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), rubrik observasi keterlaksanaan metode example non
example, dan membuat rubrik penilaian: 2) penerapan metode pembelajaran example non example
dapat memaksimalkan perhatian dan meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran: 3) tingkat
efektivitas sebesar 7,7 atau 8,9% dari sebelum tindakan, nilai rata-rata kreativitas 78.6 menjadi 86.3.
Kata kunci: Kreativitas, penyajian, boga dasar, pembelajaran example non example

This study aims to determine: planning, implementation, and effectiveness of teaching methods
Example Non-Example in an effort to improve the creativity of the presentation of the students in class
X Basic Culinary’s subjects of SMK Negeri 1 Kalasan. The method used in this research is the method
of observation and assessment tasks. Data collection technique used observation sheet implementation
of the Example Non-Example method in learning and creativity assessment rubric. Test the validity of
the instrument using construct validity. Technical analysis of quantitative and qualitative data were
analyzed by descriptive analytical that is explanatory. The results reveal that: 1) planning studies with
the preparation of Learning Implementation Plan (RPP), the rubric observation materialized methods
example non-example , and make an assessment rubric: 2) application of learning methods example
non-example can maximize attention and enhance the creativity of students in learning: 3) the level of
effectiveness of 7.7 or 8.9% before the action, the average creativity value 78.6 becomes 86.3.
Keywords: creativity, presentation, basic culinary, example non example learning

 


Full Text:

PDF

References


Hepy Hapsari K & Nur Ainy Fardana N.

(2012). Hubungan Antara Self

Efficacy dengan Kreativitas pada

Siswa SMK. Surabaya: Universitas

Airlangga Surabaya

Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran

Konstektual. Bandung : PT Refika

Aditama

Marwanti. (2000). Disain Penyajian.

Yogyakarta. Fakultas Teknik UNY

Prasetyo Budi. (1984). Dalam Menuju

SDM Berdaya. Jakarta: Aksara

Utami Munandar. (2004). Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i7.5292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1