PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
sutirman sutirman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar; (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar; (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, dengan 28 responden. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul dengan jumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 48,2%. (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 28,2%. (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 50,2%.
Kata kunci: lingkungan belajar, metode mengajar, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Darwyan Syah, dkk. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama
Islam. Jakarta: Gaung Persada Press
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haris Mujiman. (2009). Manajemem Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.