PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Endah Nurmala Sari, , Indonesia
Joko Kumoro, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (3) Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan : (1) Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, denganΒ  π‘Ÿπ‘₯1𝑦 = 0,693; π‘Ÿ2π‘₯1𝑦 = 0,480, π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” (7,591) > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (1,683); (2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan π‘Ÿπ‘₯2𝑦 = 0,560; π‘Ÿ2π‘₯2𝑦 = 0,314, nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” (5,596) > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (1,683); (3) Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan 𝑅𝑦(1,2) = 0,695; 𝑅2𝑦(1,2) = 0,483, nilai πΉβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” (42,172) > πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (3,240).

Β 

Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Minat Belajar, Prestasi BelajarΒ 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter