PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN
Joko Kumoro, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, (3) Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan : (1) Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, denganΒ ππ₯1π¦ = 0,693; π2π₯1π¦ = 0,480, π‘βππ‘π’ππ (7,591) > π‘π‘ππππ (1,683); (2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan ππ₯2π¦ = 0,560; π2π₯2π¦ = 0,314, nilai π‘βππ‘π’ππ (5,596) > π‘π‘ππππ (1,683); (3) Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dengan π π¦(1,2) = 0,695; π 2π¦(1,2) = 0,483, nilai πΉβππ‘π’ππ (42,172) > πΉπ‘ππππ (3,240).
Β
Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Minat Belajar, Prestasi BelajarΒ
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.