PENGARUH ASPIRASI DAN KEYAKINAN AKAN KEMAMPUAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ria Septiani, , Indonesia
Siti Umi Khayatun Mardiyah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten; (2) keyakinan akan kemampuan diri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten ;(3) aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berjumlah 106 siswa. Uji instrumen dilaksanakan di SMK Negeri Jogonalan berjumlah 38 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolonieritas, uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Klaten nilai  sebesar 0,347,  sebesar 0,120, signifikansi sebesar 0,000, pada taraf signifikansi 5% dengan N=106 dan aspirasi berada pada kategori rendah sebesar 41,51% serta memberikan sumbangan efektif 9,18%; (2) keyakinan akan kemampuan diri terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 nilai  sebesar 0,235,  sebesar 0,055, signifikansi sebesar 0,015, pada taraf signifikansi 5% dengan N=106 dan keyakinan akan kemampuan diri berada pada kategori rendah sebesar 45,28% serta memberikan sumbangan efektif 5,52%; (3) aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama nilai R sebesar 0,381,  sebesar 0,145, nilai signifikansi sebesar 0,000, pada taraf signifikansi 5%, N=106 dan motivasi belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 37,7%,  serta memberikan sumbangan efektif aspirasi dan keyakinan akan kemampuan diri secara bersama-sama sebesar 14,70%.

Kata kunci: Aspirasi, Keyakinan akan Kemampuan Diri, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arie Styawan Muhammad. (2014). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Aspirasi Siswa tehadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Bidang Keahlian Akuntansi SMK N 1 Wonosari Gunung Kidul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Daniel Cervone & Lawrence.A Pervin. (2012). Kepribadian (teori dan penelitian). Jakarta: Salemba Humanika.

Eveline Siregar. (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamzah B. Uno. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Haris Mudhiman. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP dan UNS Press

Jess Feist & Gregory J. Feist. (2010). Teori Kepribadian. (Alih Bahasa: Smita Prathita Sjahputri). Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

John W. Santrock. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter