PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURUTERHADAP MINAT BELAJAR MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DI SMK N 1 DEPOK, SLEMAN
Joko Kumoro, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan; (2) metode mengajar guru terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan, dan (3) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta angkatan 2016/2017 yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada siswa SMK Negeri 7 Kota Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 26,6% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,266; (2) metode mengajar guru terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 37,6% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi (r2x2y) sebesar 0,376; dan (3) pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap minat belajar mengelola sistem kearsipan sebesar 42,8% ditunjukkan dengan harga koefisien determinasi r2y(1,2) sebesar 0,428.
Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium, Metode Mengajar, Minat Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Barmawi dan M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sukarso. (2007). Model Pembelajaran Pendidikan Khusus. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.