PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DI UNIT TEATER DAN PENTAS SENDRATARI RAMAYANA PT TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN, BOROBUDUR, DAN RATU BOKO
Sutirman Sutirman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan public relations di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pelaksanaan public relations di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: pencarian fakta, perencanaan, pengkomunikasian, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan dilakukan melalui angket. (2) perencanaan dilakukan dengan cara perencanaan program berdasarkan infomasi hasil angket untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan. (3) sosialisasi program dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan fasilitas, standar pelayanan pengunjung dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). (4) evaluasi dilaksanakan dengan cara menindaklanjuti hasil kritik dan saran yang diperoleh melalui angket. (5) hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan public relations diantaranya kurangnya penunjuk arah, sebagian pengunjung mengeluhkan dengan harga tiket yang relatif mahal, promosi kurang lengkap, fasilitas toilet kurang diperhatikan dalam segi kebersihan, dan kurangnya tenaga dalam penyampaian bahasa inggris.
Kata Kunci: Public Relations, Unit Teater dan Pentas Sendratari Ramayana Ballet Prambanan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.