PENGARUH PENGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Chusna Oktia Rohmah, , Indonesia
Siti Umi Khayatun Mardiyah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) besarnya pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (3) pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berjumlah 47 siswa dengan sampel berjumlah 41 siswa. Uji instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan ganda setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar sebesar 23,3%, terdapat pengaruh positif dengan nilai rx1y sebesar 0,483, terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,001 < 0,05 dan penggunaan gadget berada dalam kategori tinggi sebesar 58,54; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar sebesar 14,9%, terdapat pengaruh positif  dengan nilai rx2y sebesar 0,366, terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,013 < 0,05 dan lingkungan belajar berada dalam kategori rendah sebesar 58,54%; (3) pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap minat belajar sebesar 42,1%, terdapat pengaruh positif dengan nilai Ry (1,2) sebesar 0,649,  terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan minat belajar berada dalam kategori rendah sebesar 53,66%.

Kata kunci: Penggunaan Gadget, Lingkungan Belajar, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bimo Walgito. (2002). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Andi Offset.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafrina Maulana. (2013). Gadget Baik Gak Sih?. Diakses dari http//:syafrinamaulana.wordpress.com/2013/11/27/gadget-baik-gak-sih/ pada tanggal 29 September 2016 pukul 08.50 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter