PENGARUH ASPIRASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Joko Kumoro, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (3) pengaruh aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 67,229 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05; nilai sebesar 0,524 yang berarti bahwa aspirasi berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 52,4%; (2) terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 23,130 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05; nilai sebesar 0,275 yang berarti bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 27,5%; (3) terdapat pengaruh positif aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 42,739 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05; nilai sebesar 0,588 yang berarti bahwa aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 58,8%, sedangkan 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Aspirasi, Lingkungan Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arum Zulaekha. (2015). “Pengaruh Aspirasi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. UNY.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Edisi keempat).
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. (Cetakan ketiga).
Herminarto Sofyan & Hamzah B Uno. (2012). Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: UNY Press.
Noni Suci Aristyani (2015). “Pengaruh Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel”. Skripsi. UNY.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sumadi Suryabrata. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.