PENGARUH ASPIRASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurfitriyati Nurfitriyati, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Joko Kumoro, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (3) pengaruh aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 67,229 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05;  nilai  sebesar 0,524 yang berarti bahwa aspirasi berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 52,4%; (2) terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 23,130 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05; nilai  sebesar 0,275 yang berarti bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 27,5%; (3) terdapat pengaruh positif aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung sebesar 42,739 dengan Sig. sebesar 0,000 atau p<0,05; nilai  sebesar 0,588 yang berarti bahwa aspirasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 58,8%, sedangkan 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Aspirasi, Lingkungan Belajar


Full Text:

PDF

References


Arum Zulaekha. (2015). “Pengaruh Aspirasi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. UNY.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (Edisi keempat).

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. (Cetakan ketiga).

Herminarto Sofyan & Hamzah B Uno. (2012). Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: UNY Press.

Noni Suci Aristyani (2015). “Pengaruh Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel”. Skripsi. UNY.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sumadi Suryabrata. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter