PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA PERALATAN KANTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Ayu Kurniawati, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Joko Kumoro, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh dan signifikansi antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (2) seberapa besar pengaruh dan signifikansi antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (3) seberapa besar pengaruh dan signifikansi keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto karena dilakukan pada suatu peristiwa yang telah terjadi kemudian dirunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberikan manipulasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul pada bulan Maret 2016. Subyek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh sebesar 36,7% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (2) fasilitas belajar memiliki pengaruh sebesar 23,4% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul; (3) keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 37,89% dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X standar kompetensi mengelola peralatan kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru.

 

Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

J.J. Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur Aeni Hasanah. (2010). “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sistem Kearsipan pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Pekalongan”. Jurnal Ekuilibrium Vol. 1 No. 2. Hlm. 67-70.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter