PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL
Djihad Hisyam, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, dan (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri atas informan kunci: 1 orang Kepala Seksi Pelayanan, informan pendukung: 2 orang petugas pelayanan dan 7 orang masyarakat pengguna layanan. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan jumlah informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dapat diketahui dari 6 indikator yang dijabarkan sebagai berikut; (a) prosedur pelayanan, prosedur pelayannnya masih ribet, susah dilaksanakan sehingga masih belum sederhana dan masyarakat masih ada yang belum jelas mengenai prosedur alur pelayanan; (b) waktu penyelesaian, waktu penyelesaian pelayanan masih belum pasti, karena tidak diinformasikan kepada masyarakat; (c) biaya pelayanan, semua biaya penyelesaian pelayanan di Kantor Kecamatan Kretek gratis; (d) produk pelayanan, tidak semua prosedur pelayanan diminta oleh masyarakat dan hasil/produk pelayanan legalitasnya sah serta dapat dijadikan jaminan di mata hukum; (e) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana penunjang masih belum lengkap, namun masyarakat merasa nyaman dengan ruang pelayanan yang bersih di Kantor Kecamatan Kretek; (f) kompetensi petugas pemberi layanan, petugas sudah melayani masyarakat dengan ramah dan adil, serta telah bekerja sesuai bidang keahliannya masing- masing. (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Kretek diantaranya; masyarakat belum memahami alur prosedur pelayanan, sarana berupa papan pengumuman belum ada, dan tempat parkir masih sempit.
Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kantor Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Baiquni. (2014). Laporan Pengaduan Pelayanan Publik ke Ombudsman meningkat 350%. (http://www.merderka.com/peristiwa/lapor an-pengaduan-pelayanan-publik-ke- ombudsman-meningkat-350.html).
Diunduh pada tanggal 5 Oktober 2015 pukul 07.00 WIB.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No.63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik”. (http://asiamaya.com/undang- undang/index_kepres.htm, diunduh pada tanggal 19 Agustus 2015 pukul 09:56 WIB
Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di
Indonesia. Jakarta : Bina Aksara.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik. Diunduh pada tanggal
Agustus 2015 pukul 10:00 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.