PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (KE) DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Fahmi Nediyansyah, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Joko Kumoro, Jurusan Pendidikan Administrasi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, 2) pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, 3) pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 57 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Administrasi Perkantoran siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2015/2016, yang dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,374>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar Administrasi Perkantoran siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2015/2016, yang dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,005>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional (KE) dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Administrasi Perkantoran siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 17,983 lebih besar dari F tabel (17,983>2,39) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05)

 

Kata kunci : kecerdasan emosional, kreativitas mengajar guru, prestasi belajar.


References


Goleman. (2009). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oemar Hamalik. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukarni Catur Utami Munandar. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter