PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Rosidah Rosidah, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kinerja tenaga administrasi sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Playen yang berjumlah 965 siswa dengan sampel sebanyak 255 siswa, dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni angket dan dokumentasi. Uji coba butir soal dilaksanakan pada 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Patuk. Uji validitas butir angket menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang selanjutnya dipersentase dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kinerja tenaga administrasi sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Playen: 1) kompetensi kepribadian masuk dalam kategori baik sebesar 49% (124 siswa), kategori sangat baik dengan persentase sebesar 25% (64 siswa), 2) kompetensi sosial masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 41% (106 siswa), kategori sangat baik dengan persentase sebesar 37% (94 siswa), 3) kompetensi teknis masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 44% (113 siswa), kategori baik dengan persentase sebesar 22% (55 siswa).
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Transito.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2008 tanggal 11 juni 2008 Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah, Kualifikasi Tenaga Administrasi. Diunduh tanggal 18 Mei 2015 pukul 16:00 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.