KESIAPAN GURU PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI SMK KABUPATEN SLEMAN

Eka Wulandari,
Siti Umi Khayatun Mardiyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru produktif Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di Kabupaten Sleman dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dilihat dari kesiapan guru dalam (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan guru produktif OTKP dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 di Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru produktif OTKP di Kabupaten Sleman dengan jumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan experts judgement. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesiapan guru produktif OTKP dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 di Kabupaten Sleman berada dalam kategori kurang siap dengan persentase kesiapan 22,7%; 2) kesiapan guru produktif OTKP dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 di Kabupaten Sleman berada dalam kategori kurang siap dengan persentase kesiapan 47,7%; 3) kesiapan kesiapan guru produktif OTKP dalam penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 di Kabupaten Sleman berada dalam kategori kurang siap dengan persentase kesiapan 31,8%.


Full Text:

PDF

References


Jusoh, R. (2012). Effects of Teachers Readiness in Teaching and Learning of Enterpreneurship Education in Primary Schools. International Interdisciplinary Journal of Education. Volume 1 Number 7.

Kemendikbud. Tahapan Implementasi Kurikulum 2013. Diakses melalui http://kurikulum.kemedikbud.go.id/infos pada tanggal 6 Maret 2018 pukul 09.30 WIB.

Mulyasa. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. (2015). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sukmadinata, Nana S. (2013) Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter