PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) DI SMK NEGERI 1 GODEAN

Isnani Sri Hartanti,
Muslikhah Dwihartanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi guru terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor internal; (2) persepsi guru terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor eksternal; (3) persepsi siswa terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor internal; (4) persepsi siswa terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 37 orang guru pengampu mata pelajaran yang diujikan dalam UNBK dan 174 siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel untuk responden siswa adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan pengisian kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan korelasi Product Moment dari Pearson dan expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor internal termasuk dalam kategori baik/persepsi positif dengan persentase 59,46%; (2) persepsi guru terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor eksternal termasuk dalam kategori baik/persepsi positif dengan persentase 43,24%; (3) persepsi siswa terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor internal termasuk dalam kategori cukup baik/persepsi negatif dengan persentase 58,05%; (4) persepsi siswa terhadap UNBK di SMK N 1 Godean ditinjau dari faktor eksternal termasuk dalam kategori cukup baik/persepsi negatif dengan persentase 54,60%.


Full Text:

PDF

References


Abraham, Amit. (2011). General Psychology. New Delhi : Tata Mc Graw Hill Edu Private Limited

BSNP. (2017). Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional Tahun 2018.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Toha, Miftah. (2005). Perilaku Organisasi, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta; PT Grafindo Persada.

Pakpahan, Rogers. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 1, 19-35.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobur, Alex. (2011). Psikologi Umum; dalam lintasan sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter