PENGARUH ASPIRASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 WONOSARITAHUN AJARAN 2017/2018

Tri Lestari,
Joko Kumoro,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari, 2) pengaruh lingkungan belajar motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari, 3) pengaruh aspirasi dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sejumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh aspirasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 22,4%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 22,8%, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh aspirasi dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sebesar 31,9%.


Full Text:

PDF

References


Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. (Edisi ke-10)

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga. (Edisi ke-6)

Nizamuddin,dkk (2018). Effect Of Leadership, Organizational, Structure, Compensation, and Motivation Toward Performance Of Agregat Data Control On The Statistics Center Of North Sumatera Province.. International Journal. State University of Medan

Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. (Cetakan kedua)

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta. (Cetakan keempat)

______.(2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta. (Cetakan keenam)

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. (Edisi ke-12)

Uno, H.B. (2008). Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. (Cetakan ketiga)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter