STRATEGI HUMAS DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MEMBANGUN CITRA TIGA (3) SMK DI KULON PROGO
Nadia Sasmita Wijayanti,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi yang dilakukan humas dalam mempromosikan dan membangun citra sekolah, 2) Media apa saja yang digunakan, 3) Kendala apa saja yang dialami humas dan 4) Upaya yang dilakukan humas dalam mengatasi hambatan mempromosika dan membangun citra 3 SMK swasta di Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif 2 Wates, SMK Muhammadiyah 2
Lendah dan SMK YPKK 1 Kulon Progo. Informan penelitian dalam penelitian ini berjumlah enam orang yaitu tiga Kepala Sekolah dan tiga Wakasek Humas di masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) strategi untuk mempromosikan dan membangun citra meliputi kegiatan internal dan kegiatan eksternal yaitu mengikuti pawai dan pameran, menyebarkan brosur dan memasang spanduk, sosialisasi ke SMP, promosi melalui mulut ke mulut dan media social, memberi informasi yang baik dan jelas pada masyarakat, menunjukkan keahlian siswa, memberi fasilitas yang lengkap pada siswa, berperilaku sopan dan santun dan meningkatkan kerjasama dengan masyarakat luas, 2) Media komunikasi yang digunakan humas meliputi media komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung, 3) Kendala yang dialami yaitu persaingan antar sekolah yang semakin ketat, Kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), kekurangan anggaran dana dan kurangnya kepercayaan masyarakat akan kualitas pendidikan di tiga SMK tersebut dan 4) Solusi yang dilakukan humas yaitu lebih gencar memberi informasi baik tentang sekolah, mengkoordinir guru memanajemen waktu, mencari dana pinjaman dana serta menegaskan pada siswa untuk bersikap sopan di lingkungannya.
Full Text:
PDFReferences
Chotimah, Chusnul. (2012). Strategi Public
Relations Pesantren Sidogiri Dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman
, no. 1: 186-210 diakses pada 14 Januari
dari https://doi.org/10.15642/islamica.2012.7.1.1
-210
Herdiana, Dedi & Khoiruddin. (2014). Peran dan Strategi Humas dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam. ANIDA. Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah. Vol 15, no 2, 310-337
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemene
Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Nasution, Zulkarnain. (2012). Manajemen Humas di lembaga Pendidikan. Malang: UMM Press
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto. (2015).
Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. (2012). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Yadin, Daniel. (2014). Public Relations (Frank Jefkins. Terjemahan). Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga
Valentini, Chiara. 2015. Is Using Social Media “Good” For The Public Relations Profession? A Critical Reflection. Public Relation Review 41 (2015): 170-178
Refbacks
- There are currently no refbacks.