PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 GODEAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2017/2018
Joko Kumoro,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018; (3) pengaruh motivasi belajar dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 96 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018 sebesar 74,0%; (2) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018 sebesar 53,2%; (3) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Godean semester gasal tahun ajaran 2017/2018 sebesar 78,0%.
Full Text:
PDFReferences
Hanifah, Nur. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi: FE UNY.
Lestari, Eka Ayu. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Keadaan Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi: FE UNY.
Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penentuan Ketuntasan Belajar Minimum. (http://kempelkumpul.blogspot.com/2016/02.html diakses pada 1 Agustus 2018).
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.