PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KANTOR PRUDENTIAL (PRU ADVANTAGE) YOGYAKARTA
Muhyadi Muhyadi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah kantor prudential (Pru Advantage) Yogyakarta, 2) besarnya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah kantor prudential (Pru Advantage) Yogyakarta 3) besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah kantor prudential (Pru Advantage) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan transaksi di Kantor Prudential (Pru Advantage) Yogyakarta dan diambil sampel 42 nasabah. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis dan analisis data dalam rangka menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 34% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ; (2) kualitas produk terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 16,3% dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05; (3) kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan kontribusi sebesar 44,6% dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Atep Adya Barata. (2004). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira
Danang Sunyoto. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Centre of Academic Publishing Service)
Djaslim Saladin. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Etta Mamang Sangadji dkk. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset
Fandy Tjiptono. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset
Handi Irawan. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.