PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Aisyiyah Fathul Jannah,
Siti Umi Khayatun Mardiyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta, dan (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dilihat dari koefisien r2x1y= 0,294 dengan nilai thitung>ttabel (3,651>2,037); (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dilihat dari koefisien r2x2y= 0,305 dengan nilai thitung>ttabel (3,748>2,037); (3) pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan R2y(1,2)= 0,390 dan nilai Fhitung>Ftabel (9,904>3,290). Sumbangan efektif pendidikan kewirausahaan sebesar 17,03% dan lingkungan keluarga sebesar 21,97%.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Amnan. (2016). Kesiapan Berwirausaha Siswa Smk Se-Kabupaten Lombok Tengah Ditinjau Dari Motivasi, Informasi Bisnis dan Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 3 No. 1.

Badan Pusat Statistik (BPS). Agustus 2017: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,50 persen. http://www.bps.go.id/pressrelese/2017/11/06/1377/agustus-201--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html. Diakses pada tanggal 9 Februari 2018.

Carsrud, A.L., & Brannback, M. (2009). Understanding The Entrepreneurial Mind-Opening The Black Box. London: Spring Dordrecht Heidelberg.

Daryanto & Cahyono, A.D. (2013). Kewirausahaan untuk peserta didik: Penanaman Jiwa Kewirausahaan. Malang: Penerbit Gava Media.

Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hisrich, R. (2011). International Entrepreneurship: Where Do We Go From Here? International Review of Enterpreneurship. Journal. Vol 11, Issue 1: 2013

Jusmin. E. (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol 42 No.2.

Kemdikbud. (2018). Kemendikbud Dorong SMK Ciptakan Wirausaha Muda. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-dorong-smk-ciptakan-wirausaha-muda. Diakses pada tanggal 27 Juli 2018.

Soemanto, W. (1999). Pendidikan Wiraswasta: Sekuncup Ide Operasional (Cetakan ke 6). Jakarta: Bumi Aksara.

Supriadi, D. (2015). SK & KD Kewirausahaan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. http://dspriadi333.blogspot.com/2015/10/sk-kd-kewirausahaan-untuk-sekolah.html?m=1. Diakses pada tanggal 27 Juli 2018.

Tung, L.C. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students. City University of Hongkong: Run Run Shaw Library.

Welsh, D.H.B., & Tullar, W. (2014). A Model of Cross Campus Entrepreneurship and Assessment. Entrepreneurship Research Journal, Vol. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter