PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIK ADMINISTRASI KEUANGAN KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALlH
Sutirman Sutirman,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembelajaran praktik administrasi keuangan untuk kelas XII Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih. 2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran praktik administrasi keuangan untuk kelas XII Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap implementation. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran administrasi keuangan dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu telah dikembangkan media video pembelajaran praktik administrasi keuangan kelas XII administrasi perkantoran SMK YPE Sawunggalih. Tingkat kelayakan media video pembelajaran administrasi keuangan kelas XII administrasi perkantoran SMK YPE Sawunggalih ditinjau berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran administrasi keuangan (guru). Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 3,1 dengan kategori “Layak”. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,6 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian praktisi pembelajaran administrasi keuangan diperoleh rata-rata skor 3,65 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil uji coba pengguna yaitu kelas XII AP SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dengan jumlah 32 siswa diperoleh rata-rata skor 3,74 dengan kategori “Sangat Layak”.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Maduretno, T.W, Tantowi and Luluk, F. (2017). The Effect of Video-Assisted Inquiry Modified Learning Model on Student’s Achievement on 1st Fundamental Physics Practice. International Journal of Science and Applied Science.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media & Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembalajaran. Jakarta: Kencana.
Sukardjo. (2008). Kumpulan materi Evaluasi Pembelajaran. Prodi Teknologi Pembela
jaran: PPs UNY.
Sutirman, Muhyadi & Surjono, H.D. (2017). Problems in Learning of Electronic Filing at Vocational School inYogyakarta Special Region, Indonesia. Journal of Education and Practice, ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online Vol.8, No.5, 2017).
Refbacks
- There are currently no refbacks.