KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN

Iga Ayu Yuliadewi,
Sutirman Sutirman,

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Piyungan beserta kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah. “Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di SMP Negeri 1 Piyungan dan Kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam menjalankan Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Piyungan?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Piyungan, kendala yang di hadapi Kepala dalam menjalankan kepemimpinan SMP Negeri 1 Piyungan, serta mengetahui adanya upaya yang dilakukan untuk mengatasi rendahnya kualitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Intrumen yang dilakukan dalam peneliian ini adalah sebagai berikut pedoman observasi, pedoman wawancara, serta pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triagulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) kondisi kepemimpinan yang ada di SMP Negeri 1 Piyungan secara umum cukup baik. Berkaitan dengan aspek idealized influence dan intellectual stimulation yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah baik. Aspek yang berhubungan dengan inspiration motivation tergolong kurang; 2) kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam menjalankan Kepemimpinan di SMP Negeri 1 Piyungan yaitu kurang adanya kedisiplinan waktu, kurangnya dana sekolah yang dapat digunakan untuk mewujudkan kegiatan yang dianggap sekolah sangat membantu kemajuan belajar mengajar seperti psikotes, serta ketergantungan kepala sekolah terhadap guru dan karyawan untuk selalu mengingatkan jadwal yang sudah ada.


Full Text:

PDF

References


As’ad, M., (2000), Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty.

Hariyanti, (2005), “Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional, Pola Kekuasaan, dan Perilaku Organisasi terhadap Komitmen Perusahaan,” Tesis, (Tidak Diterbitkan), Yogyakarta : Magister Manajemen Universitas Negeri Surakarta.

Hasibuan, MSP., (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Imron, Ali, (2009), “Perilaku Administrasi Sekolah dalam Pelayanan Publik di Tingkat Satuan Pendidikan.” Jurnal Tenaga Kependidikan. Vol. 4, No. 1, April 2009.

Komariah, Aan dan Triatna, Cepi, (2005), Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmudi, R.N., (2005), Manajemen Kinerja Sektor Publik, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Maleong, L.J., (2001), Metodologi Penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., (2009), Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim, (2003), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silalahi, B.Y., (2008), “Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, dan Komitmen Organisasi,” Jurnal Psikologi, Vol. 2 (1), 14-20.

Wahdjosumidjo, (2003), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter