MANAJEMEN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 TEMPEL, SLEMAN, YOGYAKARTA

Fitriana Dwi Lestari,
Purwanto Purwanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pemeliharaan dan pengawasan manajemen laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Tempel, Sleman, Yogyakarta yang belum baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tempel, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Ketua Jurusan Administrasi Perkantoran, Pengelola Laboratorium, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, satu orang Guru Kompetensi Keahlian Admistrasi Perkantoran dan tiga orang Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan dilaksanakan pada tahun ajaran baru dengan melakukan koordinasi antara semua guru, ketua keahlian masing-masing jurusan dan WKS sarpras. 2) Pengorganisasian belum berjalan dengan baik, belum adanya teknisi dan laboran yang ditetapakan secara khusus untuk mengelola laboratorium. Tenaga laboratorium yang ditunjuk oleh sekolah yaitu guru pengelola laboratorium dan satu orang dari TU. 3) Pemeliharaan dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan membersihkan ruangan dan paralatan praktik yang dilakukan oleh siswa seuai dengan jadwal piket yang telah ditetapkan. Pemeliharaan peralatan dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan cara diservice. 4) Pengawasan laboratorium dilakukan dengan melihat hasil. Sekolah percaya jika keadaan laboratorium dalam keadaan baik maka pengawasannya juga baik. Sekolah belum menetapkan standar tertentu untuk pengawasan.

Full Text:

PDF

References


Decaprio. R. (2013). Tips Mengelola laboratorium Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Fattah. N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamdani. A. D. & Kurniatanty. I. (2008). “Manajemen & Teknik Laboratorium”. Yogyakarta.

Handoko. T. H. (2003). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Hasibuan. M. S. P. (2007). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim. B. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Julitriarsa. D & Suprihanto. J. (2001). “Manajemen Umum”. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

PERMENPAN Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium dan Angka Kreditnya.

Purwanto. Dkk. (2016). Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Direktoran Jendral Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Siswanto. H. B. (2007). Pengantar Manajemen.Jakarta: Bumi Aksara.

Sonhaji. A. (2002). Laboratorium sebagai Basis Pendidikan Teknik di Perguruan Tinggi. UNS: Departemen Pendidikan Nasional UNS

Sutjipto & Mukti. B. (1993). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Terry. G. R. (2000). Prinsiples of Management. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter