PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK KULON PROGO

Diah Anis Eka Setiyorini,
Muhyadi Muhyadi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru produktif Kompetensi Keahlian Adminitrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo, 2)

pengaruh  pengalaman  mengajar  terhadap  profesionalisme  guru  produktif  Kompetensi  Keahlian

Adminitrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo, 3) pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar   secara   bersama-sama   terhadap   profesionalisme   guru   produktif   Kompetensi  Keahlian

Administrasi   Perkantoran   di   SMK   Kulon   Progo.   Penelitian   ini   merupakan   penelitian   expost

facto,dengan  pendekatan  kuantitatif.  Subjek  penelitian  sebanyak  25  guru  produktif  Kompetensi

Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 25.2% dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, ; (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 16.1% dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang pendidikan dan pengalaman  mengajar  secara  bersama-sama  terhadap  profesionalisme  guru  produktif  kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 31.6% dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Kompeten dan Profesional. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Fereshte K, Nasrin S, &Ahmad D. 2014. The Study of Elementary School Teachers' Professional Competencies and Comparing it with International Standards.International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. Vol. 3, No. 4.

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi

Pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya

permendiknas nomor 16 tahun 2007

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada

Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sue Hudson , Denies Beutel, and Peter Hudson. 2007. A Program For Beggining teacher's Perceptions of their induction into teaching. International Journal of Practical Experiences in Professional Education 10(2):pp. 1-7. INC. Vol 10/no 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter