PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK KULON PROGO
Muhyadi Muhyadi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru produktif Kompetensi Keahlian Adminitrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo, 2)
pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru produktif Kompetensi Keahlian
Adminitrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo, 3) pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru produktif Kompetensi Keahlian
Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian expost
facto,dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 25 guru produktif Kompetensi
Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 25.2% dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, ; (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 16.1% dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru produktif kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Kulon Progo sebesar 31.6% dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Kompeten dan Profesional. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Fereshte K, Nasrin S, &Ahmad D. 2014. The Study of Elementary School Teachers' Professional Competencies and Comparing it with International Standards.International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. Vol. 3, No. 4.
Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi
Pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya
permendiknas nomor 16 tahun 2007
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada
Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sue Hudson , Denies Beutel, and Peter Hudson. 2007. A Program For Beggining teacher's Perceptions of their induction into teaching. International Journal of Practical Experiences in Professional Education 10(2):pp. 1-7. INC. Vol 10/no 2
Refbacks
- There are currently no refbacks.