FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Sherly Octaviana Putri,
Nadia Sasmita Wijayanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini  adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Langkah – langkah dalam menganalisis data adalah menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa adalah: 1) Kemampuan Menyimak, dalam hal ini mahasiswa memiliki pembendaharaan kosa kata dan konsentrasi yang masih rendah, 2) Kemampuan Membaca, faktor yang mempengaruhi mahasiswa adalah motivasi membaca dan perbendaharaan kosa kata yang masih rendah, 3) Kemampuan Berbicara, dalam hal ini yang mempengaruhi kemampuan berbicara mahasiswa adalah kurangnya kepercayaan diri dan kurangnya penguasaan mengenai sebagian besar jenis grammar, 4) Kemampuan Menulis, faktor yang mempengaruhi mahasiswa adalah rendahnya minat yang dimiliki dan kurangnya dukungan pada lingkungan sekitar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ahuja, P dan G.C. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Aitchison, Jean. (2008). Linguistics. London: Hodder Headline.

Akhmad Slamet Harjasujana & Yeti Mulyati. (1996). Membaca 2. Jakarta: Depdikbud.

Alwi, Hasan. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Balai Pustaka.

Buker, Suzanne & Weissberg, Robert. (1990). Writing Up Research. Experimental Research Report Writing for Students of English. New Jersey: Englewood Cliffs. Prentice Hall. Inc.

Burnes D & Page G. (1985). Insight And Strategies For Teaching Reading. Sidney: Harcourt Brace Javanovich Group.

Brown H, Doughlas. (2000). Teaching by Priciple: an Interactive Approach to Language Pedagogy. White plains: Addison weslet longman.

Clarke, Cyril. (1996). Genetika Manusia dan Kedokteran, Jakarta: Widya Madeka.

Djago Tarigan. (1997). Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harmer, J. (1983). The Practice of English Language Teaching (1st Edition). New York: Longman Inc.

Harris. (1969). Testing English as a second Language. New York: Macmillan Publishing Company

Scrivener, J. (2005). Learning Teaching: A Guide Book for English Language Teachers. Oxford, UK: Macmillan Education.

Soenardi, Djiwandono. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Underwood, Mary. (1990). Teaching Listening. London: Longman.

Wilson, JJ. (2008). How to Teach Listening. Edinburgh: Pearson Longman Limited.

Yagang, F. (1993). Listening: Problems and Solution. English Teaching Forum January 31, pp, 16-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter