PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Mega Arief Wichaksono,
Joko Kumoro,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  pengaruh  (1)  Motivasi  Belajar terhadap Prestasi Belajar, (2) Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar, (3) Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X  Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  angket  dan  dokumentasi.  Uji  validitas  dan  reliabilitas instrumen  pendidikan dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan pada siswa kelas X kompentensi keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah 42 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 39,3%, (2) Kedisiplinan  Belajar terhadap  Prestasi  Belajar  sebesar  50,8%,  dan  (3)  Motivasi  Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 64,6%.


Full Text:

PDF

References


Darwyan Syah, dkk. 2007. Perencanaan

Sistem Pengajaran Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Gaung Persada Press

Eko Siswoyo & M Rachman. (2002).

Manajemen Kelas. Semarang: Semarang

Press.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Fadlilah & Lilif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Belajar.

Jakarta: Rajawali Press.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sardiman A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter