PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP MATA PELAJARAN MAIL HANDLING DI SMK NEGERI 4 KLATEN

Putri Ratnasari,
Joko Kumoro,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: 1) persepsi  siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten, 2) minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten, dan 3) persepsi siswa tentang kinerja guru dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini yaitu 81 siswa kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pedan dengan jumlah 35 responden. Uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi Product Moment  dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunkan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 53,9, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 54,4 %,  3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dan minat belajar siswa  terhadap  prestasi belajar belajar siswa mata pelajaran mail handling kelas XI AP di SMK Negeri 4 Klaten sebesar 64,6 %.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasibuhan. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Bumi Aksara.

Nana Sudjana. (2004). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sunarto dan Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. PT Rineka Cipta

Undang-Undang Pendidikan Nasional No 2 Tahun 2003 Pasal 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter